Friday, May 19, 2017

Berkeliling Asia di Miniland

Karena kesukaan kami akan lego, mengunjungi area Miniland merupakan  hal yang penting bagi kami saat mengunjungi Legoland. Bagi kami, miniatur yang menyerupai bentuk-bentuk asli di setiap negara merupakan 'The magic of Lego'. 
Kereta yang berjalan mengitari kompleks Miniland
Di Miniland terdapat miniatur tempat-tempat terkenal dari 12 negara di Asia. Negara-negara tersebut adalah Malaysia, Singapore, India, Myanmar, China, Laos, Philipina, Brunei, Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Indonesia. Selain 12 negara tersebut, ada juga miniatur Legend of Chima dan Pirate ship alias kapal bajak laut. 
Legoland Marathon, lengkap dengan musiknya
Stasiun

Apa sih yang unik di Miniland, selain miniatur yang keren-keren ini? Awalnya kami mengira di sini hanya ada miniatur. Namun pihak Legoland memberikan kejutan pada setiap miniatur tersebut.Hampir di setiap bagian terdapat tombol yang dapat dipencet. Tombol ini berbeda-beda fungsinya. Ada yang untuk menghasilkan suara, ada yang membuat suatu bagian dari miniatur itu bergerak, ada juga yang berfungsi untuk membuat air mancur ke arah tombol tersebut. Iseng bukan? Duo Lynns sibuk berlari sana-sini untuk melihat miniatur dan mencari tombol untuk dipencet. 
Pencet tombol di dekat miniatur ini dan amati apa yang terjadi ya....
Pohon dan detil aktivitas di bawah pohon tersebut
Putrajaya, kapalnya dapat bergerak loh....
Kuala Lumpur International Airport
Dari 12 negara tersebut, tentu saja yang paling banyak dibuat miniaturnya adalah tempat-tempat di Malaysia, karena Legoland berada di Malaysia. 
KL Tower

Johor Majestic Place yang menggunakan lebih dari 278,023 lego untuk membuat kompleks Johor di Miniland ini 

Petronas Twin Tower
Miniland Kampung
Setelah melihat miniatur-miniatur mengenai Malaysia, kami beranjak ke Singapore. Ada apa saja di bagian Singapore? Semua pasti menebak Merlion. Dan memang betul. Miniatur yang dibuat adalah daerah di depan Marina Bay, lengkap dengan Fullerton Hotel, Singapore Flyers, dan Merlionnya. 
Singapore Flyer
Merlion yang usil
India diwakili dengan miniatur bangunan Taj Mahal. Taj Mahal dibangun oleh raja Shah Jaham untuk mengenang istrinya. Salah satu dari tujuh keajaiban dunia ini memerlukan ribuan pekerja dan butuh lebih dari 20 tahun untuk menyelesaikannya. 
Taj Mahal, indah dan menarik
Di dekat Taj Mahal ini terdapat miniatur Karaweik Hall yang ada di Myanmar dan Wat Arun di Thailand. Sayangnya kami lupa memfoto, karena keseruan menemani Duo Lynns mencari tombol untuk dipencet. 

Dancing Lego
Jika ditanya apa yang terkenal di China? Pasti semua orang akan menebak tembok besar. Dan memang betul, karena tembok besar termasuk salah satu keajaiban dunia. Tembok ini pertama kali dibangun pada abad ke-5 dengan tujuan untuk melindungi kerajaan yang ada saat itu dari musuh-musuh yang ingin menyerang mereka. Tembok ini panjangnya mencapai 8,852 km. 

Selain itu di Miniland terdapat miniatur Forbidden City. Forbidden City merupakan kompleks istana pada Masa dinasti Ming dan Qing. Kompleks ini luasnya 720,000 m2 dan berisi lebih dari 980 bangunan. Besar sekali bukan? 
The Great Wall and Forbidden City
Patuxai Laos menjadi pilihan Legoland untuk mewakili Laos. Patuxai merupakan monumen kemenangan yang terletak di pusat Viantiane, Laos. Monumen ini didirikan sekitar tahun 1957 dan 1968. Dan pembuatannya pun menggunakan semen yang harusnya digunakan untuk membuat airport.
Patuxai, Laos
Spot yang mewakili Filipina di Miniland adalah Bolinao. Bolinao adalah suatu kawasan nelayan yang berkembang maju di pantai Pulau Luzon. Di sini terdapat gereja St. James the Great yang dibangun pada tahun 1609. Biasanya orang-orang mengunjungi daerah ini untuk melihat kapal-kapal yang beraneka warna dan mengunjungi pantai-pantai di sekitarnya.
Bolinao, Philippines
Miniatur Brunei adalah masjid Sultan Omar Ali Saifuddin. Masjid ini dibangun di daerah Bandar sri Begawan dan diberi nama sesuai dengan sultan ke 28. Kabarnya kubah dari masjid ini dilapis dengan emas murni.
Brunei
Tidak hanya Macau Peninsula terkenal sebagai warisan budaya UNESCO karena perpaduan antara budaya Barat dan Timur. Hoi An di Vietnam juga terkenal sebagai warisan budaya UNESCO untuk perpaduan antara budaya Barat dan Timurnya. Dengan bangunan tua dan budaya rakyat setempat, tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang dapat dikunjungi.
Hoi An, Vietnam
Memasuki wilayah Kamboja, kami agak bingung melihat candi-candi ini. Ternyata miniatur ini merupakan kompleks kuil yang disebut Angkor Wat. Angkor Wat dibangun oleh Raja Suryavarman II pada abad 12. Kompleks kuil ini merupakan bangunan keagamaan yang terbesar di dunia. 
Angkor Wat
Akhirnya kami menemukan juga miniatur tentang Indonesia. Dan Indonesia di Miniland ini diwakili oleh Tanah Lot, Bali. Pura Tanah Lot merupakan pura yang terdapat di atas tanah ditengah laut. Ada yang mengatakan karena terkena ombak terus menerus maka tanah ini terkikis hingga menjadi pulau di tengah laut. Pura ini hanya dapat dikunjungi saat air laut sedang surut. Dan setiap hari ke 210 akan diadakan festival di tempat ini.
Pura Tanah Lot, Bali
Karena sudah semakin siang, maka kami berbelok memasuki area Lego City yang dekat dengan Tanah Lot ini. Mengingat panasnya hawa di Legoland, sebaiknya kunjungilah Miniland ini di pagi hari atau di sore hari. Dan jangan lupa memakai topi, sunblock, ataupun payung. Sedikit membayangkan, andai Legoland ada di Indonesia, pastilah banyak miniatur tempat-tempat wisata di Indonesia di bagian Miniland-nya.....
Tempat berteduh dan juga ada sprinkle air untuk mengurangi hawa panas
Related link:

10 Permainan yang Wajib bagi Anak-Anak di Legoland

Note: Untuk cerita lebih lengkap mengenai liburan kami di Malaysia, silakan klik link berikut ini.

No comments:

Post a Comment