Monday, October 29, 2018

Cara Klaim Tax Refund di Seoul


Apa bedanya belanja di dalam dan di luar negeri? Perbedaannya adalah pajaknya. Kalau kita belanja di dalam negeri, pajak di tanggung pembeli. Tetapi kalau kita belanja di luar negeri, pajak ditanggung si pemerintah. Begitu juga saat belanja di Seoul. Setiap barang yang dijual di Seoul sudah termasuk harga pajak pembelian atau PPN. Dan seperti pajak pada umumnya, PPN tersebut digunakan untuk kepentingan dan pembangunan bangsa dan rakyat negara tersebut. Sedangkan untuk turis, yang tidak menikmati secara langsung pajak tersebut, dibebaskan dari kewajiban membayar pajak atau mendapatkan bebas pajak.

Untuk yang suka berbelanja, ada dua sistem bebas pajak yang disediakan bagi turis. Yang pertama adalah duty free. Setiap toko yang berlabel duty free mempunyai arti bahwa barang-barang di toko ini sudah harga tanpa pajak. Biasanya department store yang besar mempunyai tanda ini, seperti Lotte misalnya.

Yang kedua adalah tax refund. Pajak yang dapat di-refund adalah PPN atau VAT (Value Added Tax) yang sudah dikenakan pada barang yang kita beli. Besarnya kurang lebih 10% (dapat dihitung di link kt tourist reward berikut). Selain itu juga ada yang namanya Luxury Tax atau pajak barang mewah. Pajak ini dikenakan pada perhiasan dan barang-barang yang mahal. 

Bagaimanakah cara mendapatkan tax refund ini?
1. Harus belanja dahulu di toko-toko yang bertuliskan ’Tax Free’, seperti Lottemart, toko kosmetik di Myeongdong, dan toko-toko lainnya. Biasanya kalau belanja di toko-toko yang ada di pasar, maka kita tidak dapat mengklaim tax refund.
2. Nominal belanja yang terkecil adalah 30.000 won. Jadi kalau belanja kurang dari itu, kita tidak dapat mengklaim tax refund.
3. Klaim tax refund sesuai dengan perusahaan tax refund yang bekerjasama dengan toko tersebut. di Seoul ada kurang lebih delapan perusahaan tax refund, diantaranya Global Blue, Global Tax Free, kt tourist reward, Easy Tax Refund, CubeRefund, Easy Tax Free, eTax Free, dan SJ Tax Free. Yang paling terkenal adalah Global Blue dan Global Tax Free. Jadi saat belanja, kita harus memperhatikan dengan perusahaan tax refund manakah toko tersebut bekerjasama.
4.Lama klaim maksimal 3 bulan sejak barang dibeli dan dipastikan kita meninggalkan negara tersebut. Jika kita mengklaim lebih dari tiga bulan atau kita tidak meninggalkan tersebut, maka kita tidak dapat mengklaim tax refund tersebut.
5. Sertakan barang yang dibeli jika kita belanja diatas 1.000.000 KRW atau tax refund kita diatas 75.000 KRW. Barang-barang tersebut nantinya harus ditunjukkan dibagian  custom check di bandara. Jika belanjaan kita dibawah 1.000.000 KRW atau tax refund kita tidak melebihi 75.000 KRW, maka barang-barang tersebut tidak perlu disertakan dan kita tinggal melakukan tax refund dengan menyertakan struck pembelanjaan.

Ada tiga cara untuk mengklaim tax refund.
1. Mengklaim langsung di toko yang ada tulisan ‘Tax Free
Di beberapa toko, seperti Lottemart, Etude, kita dapat mengklaim langsung tax refund di sana. Saat kami di Seoul, kami menikmati klaim langsung di Lottemart. Lumayan, bisa untuk jajan-jajan. Bagaimana caranya?

Jika belanjaan kita memenuhi syarat minimal untuk mengklaim secara langsung, maka kita tinggal menunjukkan passport (jadi bawa selalu passport saat pergi-pergi) dan mereka akan memberikan uang cash kepada kita. Syarat minimal ini berbeda-beda. Jadi harus ditanyakan ke tokonya. Seperti di Lottemart, syaratnya pembelanjaan dari 30.000 KRW sampai 200.000 KRW. Sedangkan Etude di Myeongdong memberikan syarat minimal 50.000 KRW untuk mengklaim langsung tax refund.

2. Mengklaim di downtown.
Jika dulu tax refund hanya dapat dilakukan di airport (setelah melewati bagian imigrasi), maka sekarang perusahaan tax refund melayani permintaan tax refund di downtown. Enaknya klaim di downtown adalah kita tidak usah buru-buru saat tiba di bandara dan kita masih punya uang yang dapat digunakan selama kita liburan. Seperti saat teman menitip belanja kosmetik di Etude, saya mencoba mengklaim di Myeongdong. Etude bekerjasama dengan Global Tax Free yang berada di Olive Young Myeongdong. Ternyata tidak susah. Hanya membutuhkan struk belanja, passport, dan kartu kredit.

Bagaimana caranya supaya dapat mengklaim di downtown?
- Mintalah kasir slip untuk tax refund. Biasanya kita akan mendapatkan struck belanjaan dan slip tax refund dalam suatu amplop. Di amplop tersebut akan terlihat perusahaan manakah yang bekerja sama dengan toko tersebut.
- Klaim tax refund di cabang terdekat dengan lokasi kita dan jangan lupa bawa passport dan kartu kredit.
- Pilihlah metode pembayaran tax refund yang kita inginkan. Ada dua pilihan, yaitu uang cash atau transfer melalui credit card. Jika kita memilih uang cash, maka kita harus membayar uang garansi (sejumlah tax refund kita) dengan kartu kredit kita. Jika kita tidak meninggalkan Seoul dalam kurun waktu yang diberikan, yaitu 3 bulan setelah belanja, maka kartu kredit kita akan dipotong sejumlah nominal yang diberikan oleh perusahaan tax refund. Jika kita memilih kartu kredit sebagai metode pembayaran tax refund, maka petugas akan memasukkan deposit ke account kartu kredit kita. Saat kita meninggalkan Korea, tax refund kita akan langsung ditransfer ke kartu kredit. Saat itu saya memilih yang pertama, biar tidak repot (maklum, belanja titipan orang).
- Saat kita akan meninggalkan Korea Selatan, carilah Tax Refund Kiosk. Kios ini berada diantara line D dan F dan diantara line J dan H. Scan-lah passport kita, maka tax refund kita akan masuk ke account kartu kredit kita atau kita tidak dikenakan penalti atas uang sudah diterima sebelumnya (jika dengan cash). Langkah ini sangat penting karena jika tidak kita akan kena potong uang garansi atau tax refund kita tidak dibayarkan.

3. Mengklaim di airport.
Mengklaim di airport pun pernah kami lakukan, masih dengan belanjaan titipan teman. Karena ’kepintaran’ saya, menganggap jam buka perusahaan tax refund yang ada di downtown semuanya sama, maka saya harus melakukan tax refund di bandara. Sempat takut tidak keburu, karena pesawat kami pagi sekali, tetapi ternyata prosesnya begitu sederhana dan tidak repot, selesai dalam waktu 10 menit. Apalagi letak electronic kiosk ini berada di perbatasan concourse. Perlengkapan yang dibutuhkan hanya slip belanjaan dan passport.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
- Mintalah kasir slip untuk tax refund. Biasanya kita akan mendapatkan struck belanjaan dan slip tax refund dalam suatu amplop. Di amplop tersebut akan terlihat perusahaan manakah yang bekerja sama dengan toko tersebut.
- Carilah kios yang disebutkan di amplop tersebut. Disarankan untuk datang lebih awal agar dapat mengurus dengan tidak terburu-buru. Kalau kami kemarin melakukan di gate 28 setelah melewati imigrasi.
- Scan passport dan struck belanjaan di electronic kiosk. Kemudian ikuti langkah yang diberikan. Setelah itu mesin tersebut akan mengeluarkan uang sesuai dengan nominal belanjaan kita.

Info lebih lanjut, dapat dilihat di masing-masing perusahaan tax refund yang ada ya. Selamat berbelanja dan selamat mengklaim tax refund :)

Sekilas Informasi
Global Blue: www.globalblue.com (English, Chinese, Russian)
GLOBAL TAX FREE: 
web.gtfetrs.com (Korean, English, Japanese, Chinese)
kt tourist reward: 
www.koreataxfree.com (Korean, English, Japanese, Chinese)
Easy Tax Refund: 
www.easytaxrefund.co.kr (Korean, English, Japanese, Chinese)
CubeRefund: 
www.cuberefund.com (Korean, English, Japanese, Chinese)
EASY TAX FREE: email inquiries to 
taegyungeasytaxfree@gmail.com (Korean, English, Japanese, Chinese)
eTAX FREE: email inquiries to 
help@etax-free.com (English, Japanese, Chinese) 
SJ TAX FREE: 
www.sjtaxfree.com (Korean, English, Japanese, Chinese)


No comments:

Post a Comment