Sunday, May 14, 2017

Tips Berkunjung ke Legoland Malaysia


Sudah lama kami mendengar tentang Legoland. Membayangkan bermain di theme park sambil menikmati lego dimana-mana tentu suatu yang menyenangkan bagi kami, Lego mania. Akhirnya pucuk dicinta ulam tiba. Setelah berburu tiket murah di GATF, kami memutuskan akan mengunjungi Johor Bahru dalam liburan kami kali ini. Dan yang menyenangkan lagi, tiba-tiba bulan Februari lalu saat BCA berulang tahun ke 60, semua pembelian makanan dan paket di McD diskon 60% dan setiap pembelian paket happy meal mendapatkan tiket Legoland gratis untuk anak. Kami tidak pernah membelikan anak-anak happy meal, jadi ini adalah pertama kalinya mereka mendapatkan happy meal (dengan deal yang bagus tentunya) dan tiket kids go free. Terbayang kan senangnya mama kami.

Sekilas tentang Legoland, Legoland Theme Park pertama kali dibuka pada tahun 1968 di Billund, Denmark. Memang lego berasal dari Denmark. Di seluruh dunia, ada 6 Legoland Theme Park. Salah satunya adalah Legoland Malaysia yang dibuka pada tahun 2012. Tentu saja dengan adanya Legoland di Malaysia, para Lego mania seperti kami tidak perlu pergi jauh-jauh ke Eropa atau Amerika untuk bermain 'Dufan ala Legoland'. Untuk Legoland Malaysia, theme park ini terbagi menjadi 8 bagian, yaitu The Beginning, Miniland, Lego City, Land of Adventure, Imagination, Lego Kingdom, Lego Technic, dan Lego Ninjago World.

Saat kami datang, karena kami memanfaatkan tiket kids go free, kami harus membeli tiket untuk orang tua di loket mereka. Kami menunjukkan tiket kids go free kami dan membeli 2 tiket dewasa untuk kami. Pagi itu pengunjung Legoland tidak sebanyak yang dibayangkan, tetapi ada dua atau tiga rombongan sekolah, seperti anak SD kelas 5 atau 6, yang sudah datang. Setahu saya, Legoland bekerja sama dengan sekolah-sekolah di Malaysia untuk menggunakan wahana Lego Mindstorms dalam pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Jadi bisa jadi anak-anak tersebut langsung menuju ke sana.
Tiket Kids go free
THE BEGINNING
Setelah melalui pemeriksaan tas, Legoland tidak mengizinkan pengunjung untuk membawa makanan dari luar, kami memasuki area The Beginning. Walau Legoland baru dibuka pukul 10.00, tetapi area ini sudah dibuka dari pukul 9 lebih. Di area ini terdapat guest service counter, mini market, The Cafe, Brick Shop, The Big Shop, dan area untuk tarian pembuka. Tema bulan ini adalah Star Wars, maka sebagian petugas di sana berpakaian Jedi Knights. Berhubung Duo Lynns tidak pernah menonton Star Wars, maka mereka cukup bingung. 

Kami menuju guest service center untuk meminta sticker yang dapat ditempel pada baju anak. Sticker ini berfungsi jika si anak mendadak terhilang, maka pihak Legoland dapat menghubungi orang tua anak tersebut. 
Atas: pin hadiah dari Jedi Knights. Bawah: sticker nama. 
Tak lama kemudian, pada pukul 09.30 tim dari Legoland memulai tarian pembuka dengan tema Star Wars. Kami akui bahwa kami menaruh ekspektasi yang tinggi saat datang ke Legoland. Bayangan kami tarian pembuka ini akan seperti parade saat kami di Disneyland. Jadi saat melihat mereka menari, rasanya kok nanggung. Anyway, tujuan utama ke Legoland adalah untuk melihat lego dalam berbagai bentuk bukan? Dan selama anak-anak dan oma opa masih menikmati, berarti tidak masalah. =)
Tarian pembuka dan pertarungan Darth Vader, tetapi tanpa kata-kata "I'm your father" =D
Selesai melihat tarian kami, sementara oma berfoto dengan Jedi Knights, kami mampir ke Brick Shop untuk melihat-lihat Lego yang ada. Walau sebagian lego mania berkata bahwa harga Lego di sini jauh lebih mahal daripada Brick Shop di Hong Kong, tetapi harga lego di situ jauh lebih murah dari yang di Indonesia. Rasanya harus menahan diri supaya tidak kalap saat melihat lego. Salah satunya untuk harga mini figur Lego. Harganya jauh lebih murah daripada waktu kami membeli di Lego Fair waktu lalu.  
The Brick Shop
MINILAND
Tepat pukul 10.00, wahana di Legoland resmi dibuka. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Miniland, untuk menghindari panas di Siang hari nanti. Bukan berarti di pagi hari tidak panas ya, tetapi setidaknya tidak sepanas kalau tengah hari bolong. Di Miniland ini ada 19 bagian yang terdiri dari miniatur tempat-tempat terkenal di Malaysia dan Asia lainnya. Rasanya, satu-satunya pengunjung di Miniland saat itu hanyalah kami. Bahasan mengenai Miniland, akan diulas secara terpisah.
Miniland 
LEGO CITY
Setelah melihat Miniland, kami beranjak ke Lego City. Namanya juga Lego City, jadi permainannya memang banyak menggunakan bentuk-bentuk lego. Di Lego City terdapat 6 wahana, 2 wahana berbayar, Lego City Stage, dan outdoor playground. Kami memulai petualangan kami dari Driving School untuk kakak dan Junior Driving School untuk adik.

Driving School merupakan tempat anak-anak diajari cara mengendarai mobil dengan benar. Sebelum mereka menyetir, mereka akan difoto terlebih dahulu. Foto mereka dapat digunakan untuk membuat driving license atau SIM. Setelah difoto, mereka akan mendapatkan kertas. Jika kita ingin membuat SIM, kita tinggal mengisi data di kertas tersebut dan membawanya ke Driving Shop dan membayar 25 RM. Sebelum mereka menyetir, mereka akan mendapatkan pelajaran mengenai rambu-rambu.
Atas: Boating school. Bawah: Driving School
Permainan selanjutnya adalah Lego City Airport. Sama seperti permainan di theme park lainnya, tetapi yang membedakan adalah warna yang digunakan adalah warna-warna lego yang colorful. Nampaknya permainan ini tidak begitu menarik perhatian turis-turis Korea, Jepang, dan Perancis yang ada saat itu. Petugasnya pun tidak seramah petugas di tempat lain. Oma dan opa juga malas naik pesawat ini dan mereka memilih ngadem di Lego City Stage sambil menonton pertunjukan pada pukul 11.00. Alhasil kami berempat menguasai permainan ini.
Lego City
Sambil menunggu oma dan opa, kami pun menjadi pemadam kebakaran di Lego Rescue Academy. Permainan yang seru ini membuat Duo Lynns mengulang sampai 2 kali dan mama papanya dengan cepat berkata cukup karena sudah habis tenaga. 
Lego Rescue Academy. Be careful with the water :D
Udara yang panas membuat kami memutuskan untuk berteduh sambil membuat miniatur Star Wars di snack corners. Tidak lama kemudian oma dan opa datang. Kata oma shownya seperti puppet show tentang ninja dan yang paling penting ada AC. Udara yang panas ini membuat Oma bertanya kapan kita makan siang. Memang biasanya kami sering early lunch untuk menghindari keramaian. Tetapi melihat tempat makan yang tidak begitu ramai, kami memilih naik Legoland Express dulu. 

Legoland express membawa kami berkeliling Legoland dari mulai Miniland, Lego Kingdom dan sampai kembali ke Lego City. Saat melintasi Boating school kami melihat antrian sudah pendek. Maka kami pun memutuskan untuk menaiki boating school sebelum makan siang. 

Kami memilih untuk makan siang di Market Restaurant. Alasannya sederhana, kami mau ngadem di ruangan ber AC. Apalagi biasanya kalau bukan musim liburan, ada beberapa tempat makan yang tutup. Market Restaurant menyajikan makanan ala barat dan ala Asia. Harganya pun bervariasi. Dari 20 RM sampai dengan 37 RM. Sambil menunggu pun anak-anak dapat bermain lego sebentar. Bahagia deh mereka setiap saat bermain lego :D
Market Restaurant. French fries pun berbentuk lego blocks.
LAND OF ADVENTURE
Setelah selesai makan, kami pun memotong jalan melalui Rescue Bistro yang tutup untuk menuju Land of Adventure. Area ini bertema Timur Tengah dan Mesir, seperti Indiana Jones. Di sini ada 3 wahana, 1 wahana berbayar, dan satu playground indoor. Bagi yang mau main basah-basahan dan umurnya sudah cukup, mencoba bermain di Dino Island pasti sangat menyenangkan. Tetapi karena adik masih belum  boleh, maka kami memilih mainan yang dapat dimainkan. 

Yang pertama adalah Beetle Bounce. Permainan model ini adalah salah satu favorit anak-anak. Mereka selalu memilih menaiki ini saat bermain. Tetapi saat adik diatas, adik malah menangis karena dia bilang duduknya sakit. Saat turun adik berkata lebih enak saat naik froggy jump di Surabaya dan Batu Secret Zoo. Untungnya kakak senang-senang saja. 

Permainan kedua yang kami mainkan adalah Lost Kingdom adventure, seperti Buzz Light Year Astro War di Disneyland atau Perang Bintang di Dufan. Perbedaannya adalah kita seakan memasuki gua dan harus menembak lampu merah. Nuansanya pun gelap dan ada gambar mumi, tarantula, dan sebagainya. Kali ini malah kebalikannya. Adik sibuk menembak sasaran, sedangkan kakak menutup telinga karena suaranya menyeramkan buat kakak. Sayangnya pistol untuk menembak tidak berfungsi dengan baik.  
Land of Adventure dan Ninjago World

LEGO NINJAGO WORLD
Wahana ini merupakan wahana baru terletak di sebelah Beetle Bounce. Wahana yang ada baru ada satu, yaitu 4D ride petualangan ninja. Tempat ini ber-AC dan dapat menjadi tempat untuk berteduh.

IMAGINATION
Memasuki area ini, kita seakan dibawa masuk ke dalam imajinasi yang sangat toddler friendly. Memang area ini adalah area Duplo, si lego besar. Di sini ada 4 wahana, 1 playground, dan 4D Lego Studio. Saat kami datang, yang kami lihat pertama kali adalah jerapah yang tinggi seperti jerapah Duplo mereka. Di depan jerapah tersebut ada Musical Fountain. Kami awalnya hanya berpikir Musical Fountain berarti di area air mancur tersebut ada suara musik. Ternyata suara musik akan terdengar jika kita melalui setiap alat. Duo Lynns pun sibuk berputar dan menari sementara mamanya berkeliling untuk berdiri di depan setiap alat musik dan mendengarkan setiap bunyi alat musik. 
Imagination
Setelah puas menari, tepatnya disuruh berhenti menari, kami menuju Observation Tower untuk melihat pemandangan di sekeliling Legoland ini dari atas. Jika dilihat dari atas, maka terlihat sekeliling Legoland merupakan lahan kosong yang sedang dibangun. Bisa jadi beberapa tahun mendatang area ini akan ramai. 
Pemandangan dari atas Observation Tower
Karena udara yang panas, setelah menaiki Observation Tower, oma dan opa memutuskan untuk menonton film 4D di Lego Studio. Di Lego Studio ini terdapat beberapa film yang diputar dengan jarak tiap setengah jam. Duo Lynns bukan penggemar film 4D. Mereka lebih memilih musical show. Karena tidak ada musical show, maka mereka lebih memilih bermain di Dupo Playtown dan menaiki kereta di Duplo ExpressDuplo Playtown sebetulnya outdoor playground, tetapi ditutupi terpal seperti tenda sirkus. Otomatis bermain di situ lumayan untuk menghindari panas matahari. Setelah puas bermain, anak-anak mencoba bermain di Kids Power Tower
Atas: Duplo Playtown. Bawah: Kids Power Tower
Di Kids Power Tower, kita akan memanjat tower ke atas seperti Observation Tower. Tetapi towernya lebih pendek dan untuk mencapai atas, kita harus menarik sendiri tali yang ada. Seru sih, tetapi berat saudara-saudara. Kalau yang naik anak kecil, namanya menjadi Parents Power Tower.  

Di depan Kids Power Tower terdapat Build and Test, tempat bermain lego. Tempat ini dapat menjadi alternatif bagi kita untuk ngadem. Sayangnya Duo L:ynns ingin segera menaiki kuda. Maka kami pun bergerak menuju Lego Kingdom sementara papa menunggu oma opa selesai menonton 4D show. 

LEGO KINGDOM
Memasuki wilayah Lego Kingdom, kita seakan memasuki zaman dimana kerajaan Eropa masih berjaya. Ada penempa besi dari lego yang sibuk menempa besi, burung peniup trompet, dan hiasan-hiasan lainnya yang dibuat dari lego. Di  area ini terdapat 5 wahana, 1 wahana berbayar, dan 1 outdoor playgroundPermainan yang pertama kali dimainkan oleh anak-anak adalah Royal joust. Mereka akan menaiki kuda, bohongan tentunya, mengelilingi taman. Saat menaiki wahana ini, anak-anak dilarang menggunakan topi. Saya sempat bertanya kenapa tidak boleh karena kan panas banget. Jawaban mereka untuk menghindari topi tersebut jatuh. Make sense, sih. Bisa terjadi kecelakaan karena anak mau mengambil topi yang jatuh.Karena sepi dan tidak ada antrian, Duo Lynns diizinkan untuk naik dua kali. 
Semuanya dari lego loh...
Di depan Royal Joust terdapat Merlin's Challenge. Awalnya kami kira permainan ini adalah merry go round, ternyata saat kami melihat permainan ini bukanlah merry go round. Masih berputar membuat lingkaran, tetapi perputarannya bisa naik turun dan cepat seperti bermain gangsing. Kalau kata kakak seperti Slinky Dog. Dan karena sepi, kami pun boleh langsung naik lagi tanpa harus keluar dan masuk kembali. 
Lego Kingdom
Karena papa belum datang, maka anak-anak kembali main kuda di Royal Joust. Mas-nya pun sampai bingung karena mungkin baru ada anak yang tiga kali naik kuda mereka. Maklum, ya mas. Masih norak. Setelah papa datang, kami berjalan menuju kastil dan berfoto di depannya. Kastil ini merupakan pintu masuk untuk menuju permainan The Dragon, roller coaster yang besar. Tetapi anak-anak pasti tidak berani main. Maka kami mengajak mereka bermain dengan roller coaster mini di Dragon's Apprentice. Ceritanya anak naga baru belajar terbang, jadi terbangnya pendek. Oma dan opa menunggu di bawah sementara kami bermain. Siapa yang paling berbahagia naik ini? Mama dan papa tentunya =))
Dragon's Apprentice, tempatnya anak naga belajar 
Untuk mengobati ketegangan Duo Lynns naik Dragon's Apprentice, mereka memilih panas-panasan di playground The Forestmain Hideout. Lumayan untuk menenangkan hati mereka setelah menaiki roller coaster.

LEGO TECHNIC
Ini adalah area terakhir di Legoland. Menurut kami, area ini lebih untuk anak besar. Dari 4 wahana outdoor (Aquazone Wave Racers, Project X, Twister, dan Water Splash), hanya Twister dan Water Splash yang dapat dimainkan oleh anka-anak. Tetapi enaknya di sini ada 3 wahana indoor seperti Lego Academy, Lego Mindstorm, dan Lego Star Wars yang dapat digunakan untuk ngadem dan bermain lego. Di sini kami sempat duduk dan mencari minum di Asian Deli. Tempat makanan ini memang tidak ada AC, tetapi cukup untuk kami berteduh setelah kepanasan. 
Kiri atas: twister. Kiri bawah: water splash.
Kanan: Lego Academy
Setelah puas bermain di Lego Academy, kami menuju wahana terakhir yang ingin kami naiki. Twister berbentuk seperti spinning cup. Sayangnya syarat di sini mengharuskan umur minimal 4 tahun dan tinggi minimal adalah 110 cm. Waktu di depan, tinggi adik 110 cm. Tetapi saat diukur lagi di sini, tingginya sedikit lagi 110 cm. Karena tidak pas 110 cm, mungkin ukurannya tidak standard, maka adik tidak diizinkan naik. Drama pun dimulai. Dan ia pun meminta kompensasi untuk bermain satu wahana lagi.

Kami selesai mengelilingi Legoland pada pukul 15.00. Tetapi karena adik masih ingin naik satu permainan lagi, kompensasi karena tidak dapat naik Twister, maka kami menaiki kereta lagi di Legoland Express. Lucunya, semakin sore, area Lego City semakin ramai.

Kesimpulan dari kunjungan kami ke Legoland Malaysia adalah:
1. Legoland memang sangat menarik karena banyak miniatur-miniatur yang dibuat dari Legoland.
2. Untuk wahana yang tersedia, ada beberapa wahana yang memerlukan perawatan karena ada alat yang kurang berfungsi dan cat yang mengelupas.
3. Jika datang saat sepi, Legoland dapat diselesaikan dalam 6 jam. Cuma resikonya banyak snack corner dan tempat makan yang tidak dibuka. Tetapi masih ada tempat makan lain yang buka kok. 

Tips kami bagi teman-teman semua yang mau mengunjungi Legoland:
1. Belilah tiket secara online dan bukalah website Legoland untuk mencari informasi. Alasan pertama karena ada potongan yang lumayan. Alasan kedua, tidak perlu repot mengantri di sana. Jika perlu, coba cari siapa tahu ada promo yang menarik seperti buy 2 get 1 kid free, two to go, atau seperti kami kemarin kids go free. Dan seperti biasa, kalau dapat hindarilah mengunjungi saat liburan sekolah atau weekend. Di website juga terdapat informasi mengenai wahana yang sedang diperbaiki dan ketentuan untuk bermain. 
2. Datanglah lebih awal. Legoland dibuka pukul 10.00. Tetapi pada pukul 09.30 area The Beginning sudah dibuka. Jadi kita dapat melihat-lihat Lego Shop yang ada atau berfoto-foto dengan snoring uncle ataupun melihat parade di awal. 
Snoring uncle yang ada suara ngoroknya loh.
3. Jika anda adalah penggemar lego, maka mengunjungi Legoland akan sangat menyenangkan. Apalagi melihat banyak miniatur-miniatur yang dibuat menggunakan lego. Tetapi perlu diingat Legoland bukanlah Disneyland. Jadi jangan menaruh standard seperti saat mengunjungi Disneyland.
4. Gunakan sunblock dan topi dan jangan lupa membawa payung atau jas hujan dan juga air minum. Di Legoland sangat panas. Walaupun ada pepohonan, tapi tetap saja panas. Apalagi di daerah Miniland. Penggunaan sunblock dan topi akan sangat membantu. Dan untuk mencegah dehidrasi, minum merupakan salah satu hal yang pengen. Kenapa butuh jas hujan atau payung? Karena Malaysia masih di daerah tropis, sewaktu-waktu dapat turun hujan. Jadi jas hujan dan payung akan sangat membantu.
5. Kunjungi Miniland saat baru masuk atau saat sore hari saat matahari tidak begitu terik. Mengunjungi Legoland tanpa mengunjungi Miniland sama saja makan sayur tanpa garam. Artinya, tetap menarik tapi kurang sesuatu yang sangat penting. Jadi, supaya dapat menikmati Miniland, disarankan mengunjungi Miniland pagi atau sore. 
6. Bagi yang membawa anak-anak, disarankan untuk memulai dari Lego City. Kenapa? Karena permainan di Lego City berbeda dengan theme park lainnya. Kalau menurut saya, sangat bernuansa lego dan menyenangkan. Bahkan oma opa pun dapat ikut main. Selain itu, di area ini lebih banyak mainan outdoor. Semakin siang berarti semakin panas. 
7. Siapkan budget lebih untuk membeli lego. Harga Lego di sini termasuk murah dibanding Lego di Indonesia. Jadi kalau mau membeli Lego, ini adalah waktu yang tepat. Tetapi lebih baik membeli sebelum pulang, daripada menenteng kotak berisi Lego saat berkeliling Legoland. Kecuali jika yang dibeli barang yang kecil dan bisa masuk tas. 
8. Sediakan baju untuk ganti atau uang untuk mengeringkan baju di dryer room. Ada beberapa permainan yang memungkinkan baju kita menjadi basah. Selain itu karena hawa yang panas, maka anak-anak akan cepat berkeringat. Kalau kami selalu menyiapkan baju ganti. Tetapi jika malas membawa baju ganti, di Legoland disediakan dryer box room di dua tempat, yaitu di Land of Adventure dan Lego Technic. Harga pemakaian? Cukup sediakan uang sebesar 10 RM. 
Kiri: locker rental antara 5 - 20 RM di The Beginning dan Lego Technic
Kanan: dryer room 10 RM di Dino Island dan Lego Technic
9. Pilihlah tempat makan yang sesuai dengan keinginan. Di dalam Legoland terdapat beberapa tempat makan. Ada yang indoor, ada yang outdoor. Tempat makan indoor hanya ada tiga yaitu The Cafe di The Beginning, Market Restaurant di Lego City dan Pizza Mania di Imagination. Selain itu sisanya ruangan terbuka dalam artian tidak ada AC, seperti Burger Junction, King's Grill, Castle Fried Chicken, dan Asian Deli
10. Jika kepanasan dan ingin mencari tempat berteduh, silakan masuki tempat-tempat ber-AC. Hampir di setiap area pasti ada tempat untuk berteduh. Tempat-tempat ini dapat dilihat di peta yang nanti diberikan oleh staff Legoland ataupun peta yang dapat didownload dari website Legoland. 

Selamat mengunjungi Legoland :) 
Stop!!! Dilarang lompat pagar!!!

LEGOLAND MALAYSIA
Alamat: 7, Jalan legoland, Medini Nusajaya, Johor, Malaysia 
Telp: +60 75978888
Jam Operasional: 10.00 - 18.00 atau 10.00 - 19.00 untuk Jumat - Minggu

Note: Untuk cerita lebih lengkap mengenai liburan kami di Malaysia, silakan klik link berikut ini.

4 comments:

  1. ini beli tiketnya yg theme park ya bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, bun. Baru lihat ada message ini.
      Kami kemarin beli tiket di Legoland langsung, karena memanfaatkan free ticket untuk anak-anak yang kami dapatkan dari Legoland.
      Semoga membantu ya bun :)

      Delete
  2. Kalau dr KL ke legoland lbh praktis naik apa yah?brpa hrga tiket dewasanya

    ReplyDelete
  3. Hi, salam kenal.
    Saya belum pernah ke Legoland dari KL. Setahu saya ada shuttle bus ke Legoland (dapat dilihat di website resmi Legoland), kereta, dan bus umum (dari TBS ke JB, lalu naik bus ke Legoland). Hanya saja, jarak dan biaya perjalanan akan jauh lebih besar jika dibanding dengan jalan dari Singapore.

    Jika tujuannya hanya ke Legoland, saran lebih dekat dari Singapore, atau langsung naik pesawat yang menuju JB (sudah ada untuk beberapa kota di Indonesia). Tapi jika mau sekalian jalan-jalan ke KL, monggo. Lama perjalanan dengan bus kurleb 4 jam. Semoga membantu

    ReplyDelete