Thursday, December 20, 2018

Transportasi dari Kuala Lumpur ke Melaka



Melaka merupakan salah satu kota yang terkenal sebagai salah satu tempat wisata. Sebagai negara yang menjadi tempat berpadunya kebudayaan barat dan timur, Melaka menjadi menarik untuk dikunjungi. Sayangnya tidak ada pesawat yang langsung menuju kota Melaka ini. Pilihan yang terdekat adalah transit ke Kuala Lumpur dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan alat transportasi darat.

Menuju Melaka dari KLIA (dan sebaliknya)
Bagi para turis yang ingin langsung menuju Melaka langsung dari bandara, ada dua pilihan kendaraan yang dapat digunakan. Yang pertama adalah dengan menyewa mobil. Tentunya akan lebih nyaman namun biayanya pun lumayan.

Yang kedua adalah dengan menggunakan bus umum. Satu-satunya bus umum yang ada adalah bus Transnasional. Bus ini cukup nyaman dan tentunya harganya bersahabat di kantong. Untuk orang dewasa, harga tiket bus menuju Melaka Sentral adalah 24.1 RM dan harga tiket untuk anak-anak adalah 18 RM. Lama perjalanan dari KLIA atau KLIA2 menuju Melaka kurang lebih 2.5 jam.
Transnasional bus. Sumber foto: klia2.info
Untuk menuju bandara langsung dari Melaka, disarankan lebih baik membeli tiket terlebih dahulu supaya tidak repot dan dapat memilih jam yang diinginkan.

Menuju Melaka dari Downtown (dan sebaliknya)
Untuk menuju Melaka dari downtown, kita harus mengetahui terminal manakah yang melayani transportasi antar negara bagian. Berbeda dengan saat datang ke KL kita akan berhenti di terminal KL Sentral, untuk menuju ke Melaka kita harus naik bus dari TBS atau Terminal Bersepadu Selatan. TBS merupakan salah satu terminal besar. Di TBS segala tujuan menuju negara bagian atau negara tetangga pun ada.

Yang menarik dari TBS, terminal ini berintegrasi dengan stasiun LRT Bandar Tasik Selatan atau BTS. BTS terletak di lajur LRT laluan Sri Petaling. Jadi untuk menuju ke TBS, kami hanya perlu naik LRT ke stasiun BTS lalu menyeberang ke TBS untuk menaiki bus. Karena hotel kami dekat dengan stasiun Masjid Jamek, maka kami hanya perlu naik LRT menuju stasiun Putra Heights dan berhenti di BTS. Dari sana kami berjalan menuju TBS. Sepanjang jembatan penyeberangan cukup banyak pengemis (termasuk pengemis bule) dan penjual barang walaupun ada tulisan dilarang menjajakan barang atau meminta-minta. Pemandangan yang cukup membingungkan anak-anak.
TBS yang penuh orang.
Awalnya kami berpikir bahwa proses pembelian tiket akan cepat. Namun kami baru sadar bahwa saat kami pergi adalah hari Deepavali yang merupakan hari libur nasional. Jadinya TBS pun penuh dengan turis domestik dan turis internasional. Untungnya sistem penjualan tiket yang digunakan di BTS ini lumayan canggih. Kami dapat membeli tiket dari loket manapun karena sistem penjualan tiket ini online. 
Counter tiket.
Berbeda dengan pembelian tiket dari KLIA menuju KL Sentral ataupun Melaka, anak-anak harus membeli tiket dewasa karena kami adalah turis. Harga tiket dewasa ini 11.40 RM dan bus akan berhenti di Melaka Sentral. Berhubung waktu sudah mendekati makan siang, maka kami memilih bus Mayangsari yang jalan pukul 12.30. Oleh petugas di loket, kami diminta untuk menuju gate di sebelah kanan bagian ticketing. Kami pun mampir sebentar ke Seven Eleven untuk membeli makanan, biar bisa makan sambil menunggu bus.
Ruang tunggu di lantai bawah.
Yang paling menarik di BTS ini adalah ruang tunggunya. Bayangan saya, ruang tunggunya ya sama seperti ruang tunggu terminal di Indonesia pada umumnya, yaitu duduk di bangku di depan nomor lajur bus. Namun saat kami turun ke bawah, ruang tunggu dan lajur bus berada di bagian bawah, ruang tunggunya nyaman dan ber-AC. Kami dapat duduk dengan santai sambil memakan makanan samgak kimbap yang kami beli. Bahkan papa sempat ke atas untuk membeli roti lagi, sebagai persediaan andaikan lapar di jalan. Tak lama kemudian bus datang dan kamipun dipanggil untuk segera naik ke bus. Perjalanan menuju Melaka ditempuh dalam waktu 2 jam.
Ruang tunggu untuk gate 10.
Bagaimana dengan perjalanan pulangnya? Berbeda dengan saat kami berangkat yang langsung membeli tiket saat kami mau jalan, kami disarankan oleh teman-teman yang sudah sering bolak-balik ke Melaka untuk membeli tiket perjalanan dari Melaka ke KL. Pembelian tiket pun secara kolektif, biar tidak usah semua orang pergi ke Melaka Sentral. Oleh para senior ini kami dibelikan tiket KKKL Express. Bus KKKL Express ini termasuk bus eksekutif. Dan memang ternyata untuk tiket kembali ke Kuala Lumpur, memang akan lebih baik jika kita membeli tiket di awal.
Melaka Sentral. 
Berbeda dengan TBS yang sangat wah, suasana di Melaka Sentral mirip seperti plaza kecil. Namun untuk makanan, di sini pun sangat lengkap. Bahkan ada McDonald’s di tempat ini. Kami hanya menunggu sebentar dan tidak lama kemudian bus kami pun datang. Bus KKKL memang terlihat nyaman tapi sayangnya bau rokok lumayan kencang. Namun bus KKKL ini sangat on time, sehingga jangan sampai kita telat atau akan ditinggal bus.

Sebagai kesimpulan, bepergian dari Kuala Lumpur ke Melaka dan juga sebaliknya sangatlah mudah. Bus apapun yang kita pilih, dari yang lumayan premium maupun yang biasa saja pun nyaman. Hanya saja, satu yang harus diingat adalah mereka sangat on time. Jadi lebih baik kita menunggu daripada kita ditinggal dan tiket hangus. Selamat berpetualang :)

25 comments:

  1. pengen banget liburan ampe kesana, eksplore daerah malaysia butuh berapa lama ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, terima kasih sudah mampir ke sini. Malaysia itu lumayan luas dan tergantung tujuan jalan-jalannya. Kalau tidak main ke theme park, Kuala Lumpur 2 hari saja cukup. Kecuali kalau mampir ke sekitar Kuala Lumpur. Kalau untuk Melaka, 2 hari juga cukup.

      Semoga membantu :)

      Delete
  2. Wah cukup mudah ya mbak transportnya ke Melaka... Kemarin sempat ke Malaysia tapi belum sempat kemana-mana. semoga next ada kesempatan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, terima kasih sudah mampir ke sini. Transportasinya gampang memang. Dan sebetulnya day trip ke Melaka juga bisa. Semoga ada kesempatan ya mbak :)

      Delete
  3. Seru ya kayaknya. Doain ya mbak, tahun depan saya mau ke Malaysia juga ^^

    ReplyDelete
  4. Seru berpetualang di negeri orang. Rajin-rajin lihat promo tiket, mbak. Kami juga kemarin dapat tiket promo kursi gratis Airasia.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih mb petunjuk ny, sy berencana tgl 24 april ini akan kami kl dan akan kami Malaka jg. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal.
      Terima kasih sudah mampir ke sini. Senangnya akan jalan-jalan. Selamat jalan-jalan :)

      Delete
    2. Kalau dari kota Kuala lumpur mau kemalaka transportasinya apa ya?
      Info dong? Saya menginap d Suria KLCC

      Delete
    3. Hi, maaf baru sempat membalas. Sama dengan cara yang diatas, naik LRT menuju BTS, lalu menyeberang ke Terminal.

      Delete
  6. Mbak itu tiket pp KL-Melaka belinya online apa di terminalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal. Saya beli di KLIA. Jadi bisa pilih waktunya.

      Delete
    2. Ups... Maksudnya saya beli saat di terminal.

      Delete
    3. Nanya juga mbak.. Kalau dr bukit Bintang mau ke malaka.. Ap ke Kl sentral dlu trus ke TBS y? Kalau beli tiket pp nya dr TBS - malaka PP.. Ad buat pagi balik sore gak? Brpa harga tiketnya skrg? Maaf kebanyakan nanya.. Mohon infonya

      Delete
    4. Hi, salam kenal.
      Kalau dari Bukit Bintang, bisa langsung ke TBS. Tinggal dicheck saja rutenya. Setahu saya ada yang PP untuk satu hari. Andai takut tidak dapat, bisa beli online juga. Lebih murah biasanya kalau PP. Semoga membantu.

      Delete
  7. Halo Sis Lyn..
    Lebih gampang naik bus ke Melaka dari KLIA ya daripada dari KL Sentral?
    Kira2 butuh berapa hari ya mengunjungi Melaka?
    Ada hotel yg recomended, bawa orang tua soalnya

    Thanks ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal. Dua2nya sama-sama gampang. Tergantung kebutuhan. Kalau memang mau langsung, lebih baik dari KLIA saja.

      Selama ini, kami baru mencoba 2 hotel. Kalau ingin yang ada breakfast, IBIS di Jl. Bendahara lumayan enak. Tetapi kalau ingin dekat mall, SGI lebih enak. Di daerah Jonker juga banyak hotel. Biasanya saya lihat review hotel yang ada baru memutuskan. Semoga membantu.

      Delete
  8. Kalo mau ke melaka via TBS berarti sekalian beli tiket pulang ke KL lg mb? Rencana saya akan ke sana awal tahun depan, ngajak krucil2, selama ini jalan2 selalu sm temen2, krn udh beranak pinak, skrg sm anak, cm knp saya nya deg2an malah. Hahahaa,, takut ga well prepare.. Takut mereka ngga nyaman. Mohon bantuan dan saran terkait tiket bus td ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal.
      Waktu kemarin, saya beli tiket sekali jalan. Untuk pulang, langsung beli tiket balik ke KL saat tiba di Melaka Sentral (terminal). Untuk bus, bus di sana nyaman. Ada AC dan bersih.
      Semangat mengajak anak-anak jalan-jalan ya :)

      Delete
  9. Halo mba...salam kenal. Mo tny dong...klo beli tiket bus ke malaka bisa lgsg di terminal ga? Trus bisa skalian tiket PP ga?
    Terima kasiih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal. Bisa beli tiket di terminal. Setahu saya kalau beli tiket online bisa langsung sekalian tiket pulang. Tetapi untuk pembelian di terminal saya kurang tahu.

      Delete
  10. Replies
    1. Hi, salam kenal.
      Bisa banget. Banyak yang Day Trip ke Malaka dari KL.

      Delete
  11. Klo mau ke Melaka seharian bisa ga ya? Berangkat Pagi Pulang Malam gitu? Keburu ga waktunya? Jd kira2 yg di Habiskan untuk transport ke sana sekitar brp? Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal.
      Day trip ke Malaka bisa saja. Jalan pagi,pulang sore. Banyak juga yang day trip dari KL ke Malaka. Kurang lebih untuk transport ke Malaka dan jalan menuju tempat-tempat yang ada di blog ini sekitar 30 hingga 40 Ringgit. Selamat jalan-jalan.

      Delete