Monday, April 1, 2019

Melihat Pembuatan Tahu di Tahu Susu Lembang


Sebagai salah satu kota yang dekat dengan Jakarta, Bandung memang selalu menawarkan begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik untuk bertamasya maupun untuk kulineran. Tidak heran jalan-jalan ke Bandung merupakan kegiatan favorit orang Jakata.

Setelah absen jalan-jalan ke Bandung lebih dari 1 tahun, akhirnya kami berkesempatan lagi untuk jalan-jalan ke Bandung. Ada saudara yang menikah di bulan Januari kemarin. Dan supaya tidak sia-sia kami jalan ke Bandung, kami pun merancangkan jalan-jalan. Tujuan kami kali ini adalah Floating Market.

Floating Market ini sudah berkali-kali kami dengar dan ingin kami kunjungi. Hanya saja setiap kali kami ke Bandung, tidak pernah kesampaian. Akhirnya kali ini kami memantapkan tekad untuk ke Floating Market. Berhubung kami sampai lebih awal dari perkiraan kami, maka kami pun mampir dulu ke Tahu Susu Lembang. Tujuannya adalah jajan di pagi hari.
Factory Outlet dan Rumah Sosis di Tahu Susu Lembang
Tahu Susu Lembang merupakan pujasera yang menjual berbagai macam makanan. Cuaca yang sejuk ini membuat kami tergoda untuk makan wedang ronde. Sayangnya wedang ronde belum siap. Maka kami pun membeli tahu susu yang sudah digoreng. Di tempat ini ada 2 jenis tahu susu, yaitu tahu susu kotak (seporsi Rp 15.000,00 isi 10 buah) dan tahu susu bulat (seporsi Rp 20.000,00 isi 10 buah). Kami memilih tahu susu bulat karena kangen dengan tahu bulat. Tetapi tahu bulat ini beda dengan tahu bulat yang biasa dijual. Tahu bulat ini memang tahu susu biasa yang dibentuk bulat seperti bola. Jadi padat dan tidak kopong. Namun memang tahu susu berbeda dengan tahu pada umumnya. Teksturnya yang lembut sangat enak saat dimakan.
Foodcourt dengan banyak pilihan makanan.
Tahu susu bulat yang berbeda dari tahu bulat.
Di tempat ini juga tersedia tempat pembuatan tahu yang dapat dikunjungi anak-anak. Saat kami bertanya apakah kami boleh masuk atau tidak, petugas yang bekerja berkata bahwa mereka sedang membersihkan area pembuatan tahu. Kami pun berkeliling kembali.
Taman yang cantik.
Walaupun awalnya Tahu Susu Lembang merupakan foodcourt, namun di area tempat ini juga terdapat factory outlet dan tempat hiburan anak-anak. Kami menikmati udara yang dingin sambil berkeliling di taman. Di dekat taman ini ada beberapa hewan yang dapat digunakan untuk berfoto dan juga diberi makan. Ada juga kuda dan beberapa mainan anak-anak. Karena masih terlalu pagi, kudanya pun belum keluar. Hanya iguana dan kelinci saja yang sudah siap untuk diberi makan.
Animal Show. 
Iguana yang sedang sunbathing.
Tempat mancing untuk anak-anak bermain.
Kami kembali ke bagian dalam foodcourt untuk memeriksa apakah wedang ronde sudah siap. Ternyata wedang rondenya sudah siap. Wedang ronde Gardujati ini ada bermacam-macam pilihan, dari ronde besar, ronde kecil., ronde campur, dan sekoteng. Kami pun memesan ronde campur. Satu porsi ronde ini adalah 20.000 rupiah. Cukup kaget juga karena di lebih mahal daripada di Jakarta. Tetapi memang kualitas wedang jahenya top markotop dan menggunakan gula jawa. Badan kami pun langsung hangat.
Ronde Jahe Gardujati
Kami mencoba untuk melihat tempat pembuatan tahu susu yang sudah dapat dikunjungi. Ternyata tahu susu memang menggunakan susu dalam proses pembuatannya. Tak heran teksturnya sangat lembut. Untuk menghasilkan tahu susu yang lembut ini, dibutuhkan 9 tahapan.
Bahan-bahan dan langkah-langkah pembuatan tahu susu.
Di tahap pertama, kacang kedelai dicuci direndam dan dicuci sampai bersih. Selanjutnya masuk ke dalam tahap kedua yaitu penggilingan kacang kedelai dengan menggunakan mesin giling. Selanjutnya kacang kedelai yang telah digiling tersebut direbus dan diaduk. Tahap keempat adalah pemisahan antara ampas dan sarinya.
Tempat untuk melakukan tahap satu dan dua.
Bagian perebusan, penggilingan, dan pencetakan.
Setelah dipisahkan, sari yang ada diberikan susu, mentega, biang tahu, dan juga garam. Tahap selanjutnya biang tahu yang sudah jadi ini dicetak dan setelahnya diangkat dan dipotong. Setelah itu tahu yang sudah dipotong tersebut direbus dengan air dan bawang putih selama 15 menit. Banyak juga bukan tahapnya?
Bagian pemotongan
Tahap-tahap terakhir dalam pembuatan tahu susu.
Setelah puas berkeliling di tempat pembuatan, kami pun kembali melanjutkan perjalanan kami ke Floating Market. Sayangnya kami masih berkeliling, mungkin lain kali kami khusus membeli tahu susu untuk digoreng di rumah.
Karyawan baru =D 
Karyawan magang selanjutnya =D
TAHU SUSU LEMBANG
Alamat: Jl. Raya Lembang no 177, Jayagiri, Lembang, Bandung.
Jam Operasional: 08.00 - 19.00 (Senin - Jumat), 09.00 - 20.00 (Sabtu - Minggu)

3 comments: