Monday, July 15, 2024

Jepang Day 4: Kawaiii Sanrio Puroland

Siapa sih yang tidak kenal Hello Kitty? Rasanya hampir semua orang tahu yang namanya Hello Kitty. Tetapi jika ditanya Sanrio, mungkin hanya sebagian orang yang tahu tentang Sanrio. Sanrio merupakan Perusahaan Jepang yang membuat produk yang bertema kawaii alias cute. Nah, Hello Kitty merupakan salah satu karakter dari Sanrio.

Di rumah kami pun, anak-anak merupakan penggemar Sanrio. Jadi saat dulu tahu ada tempat wisata bernama Sanrio Puroland, tempat ini langsung masuk ke dalam list tempat jalan-jalan kami. Dan karena hanya ada di Tokyo, maka oma dan opa pun mau ikutan. Apalagi Kitty juga sedang merayakan golden anniversary, sama seperti oma dan opa.

Sanrio Puroland Character.

Setelah sarapan, hasil beli di konbini store terdekat, dan menyelesaikan cucian baju, kami siap-siap check out dari Ibis Hotel. Karena untuk naik turun bis terasa berat bagi oma opa, sejak tiba di Jepang kaki opa sering kaku, maka kami pun membagi dua kelompok. Papa menemani oma dan opa naik taksi, sementara kami berjalan kaki menuju stasiun Shin Urayasu (waktu tempuhnya kurang lebih lima belas menit).

Lajur sepeda dan lajur jalan. Lajur mobil beda lagi.
Area pedestriannya nyaman

Theme park yang dibuka di 7 Desember 1990 ini sebetulnya bukan terletak di pusat kota. Sanrio terletak di Tama New Town, sekitar 30 menit dari Shinjuku. Dan karena kami jalan dari Shin Urayasu, menurut mbah google, perjalanan kami menuju Sanrio sekitar 1,5 jam.

Lihat ini, jadi berasa autumn kan.

Kami memilih rute yang wheelchair accessible supaya opa dan oma tidak usah bertemu tangga. Namun ternyata perjalanan kami pun menjadi lebih dari 2,5 jam. Banyak kebingungan di tengah stasiun, karena berpindah dari jalur metro ke jalur JR. Ditambah lagi speed jalan opa yang lebih pelan dari biasanya dan harus berhenti di tengah-tengah untuk istirahat. Tetapi akhirnya kami sampai juga di sana.

Melihat lambang ini, hati menjadi senang. Sampai juga di stasiun.
Lift dengan siluet Kitty.

Siapakah ini?

Sanrio Puroland sendiri merupakan indoor theme park. Jadi apapun cuacanya, pasti tetap bisa main. Setelah kami men-scan e-tiket kami, maka kami pun masuk dan mencari locker untuk menitipkan koper-koper kami.

Foto wajib setelah jalan jauh

Karena saat tiba sudah sekitar hampir jam dua siang, maka tujuan utama kami adalah makan siang. di sini ada dua restoran, yaitu Character Foodcourt di lantai satu, Yukata Restaurant, Dream Café,  dan Sanrio Rainbow World Restaurant di lantai empat. Kami memilih makan di Character Foodcourt, supaya lebih cepat.

Ramen
Curry rice
Menu yang ada.

Ada apa saja sih di Sanrio Puroland? Secara garis besar, Sanrio Puroland ini terdiri dari 4 lantai. Kegiatan yang ada di sini adalah wahana permainan, foto di rumah-rumah karakter, parade, musical show yang ada di lantai satu, dan cuci mata ataupun belanja di toko-toko yang ada (tergantung budget masing-masing).

Peta Sanrio Puroland

Di lantai satu, selain Character Foodcourt, ada wahana yang bernama My Melody Road Drive. Di sini kita naik kereta berkeliling untuk melihat rumah My Melody, Strawberry Field, dan Hide and Seek Forest. Sayangnya antrinya panjang sekali, sekitar 90 menit. Kami memutuskan melewatkan wahana ini. kami pun berkeliling dan mampir ke rumah Pompompurin untuk berfoto.

My Melody Road Drive. Sumber foto: Sanrio

Pocket Circus

Rumah Pompompurin

Di lantai dua juga ada wahana yang antriannya hampir 120 menit. Sanrio Character Boat Ride namanya. Ini juga terpaksa dilewatkan, karena sepertinya tidak wajar untuk mengantri sepanjang itu, sedangkan Sanrio tutup jam lima sore.

Karakter-karakter yang ada. Sumber foto: Sanrio

Pilihan kami adalah Lady Kitty House. Di Lady Kitty House ini kita bisa berfoto di berbagai spot yang kawaii. Dan di anniversary Kitty yang ke 50 ini, saat difoto akan muncul ‘blink-blink’ di fotonya. Di ujung Lady Kitty House terdapat ruangan dengan Hello Kitty di dalamnya.

Chandelier yang seperti  kristal setelah difoto
Kerlip-kerlip ini muncul saat sudah di foto loh.

Yang agak unik di sini, setiap pengunjung yang masuk ke ruangan tersebut diberi dua pilihan. Yang pertama berfoto bersama dengan Hello Kitty, tetapi menggunakan kamera mereka dan tentunya harus membayar jika mau fotonya. Harganya lumayan mahal sih. Yang kedua, boleh menggunakan kamera sendiri tetapi hanya boleh memfoto Hello Kitty. Kami memilih yang kedua saja.

Kitty and Mimi
Foto dari jauh saja yaa
Adik dan si kecil bersama Kitty

Tujuan selanjutnya adalah kesukaan si adik, dan mamanya, yaitu Little Twin Star. Di Kiki & Lala Twinkling Studio ada beberapa spot yang menurut saya sih lebih menarik untuk anak-anak kecil, dibanding Lady Kitty House

Puas berkeliling di dalam, kami pun keluar untuk mencari rumah My Melody dan Cinnamorol. Si kecil penggemar Cinnamorol dan Milk, adiknya Cinnamorol. Sayangnya tidak ada. kami pun melihat-lihat game corner dan menemukan coin machine.

Gudetama

Di lantai tiga, yang merupakan entrance dari Sanrio Puroland ini tidak terdapat banyak hal yang dapat dilihat. Tetapi ada toko yang cukup besar untuk dilihat-lihat. Dari Gudetama Shop, Entrance Shop, semua ada. Untuk harga, ya pastinya cukup menguras kantong ya bun. Jadi anak-anak pun hanya melihat-lihat. Menurut mereka, barang Sanrio di Daiso tidak kalah bagus dan jauh lebih ramah di kantong.

Balik ke lantai 2 lagi, berfoto di Lady Kitty Shop

Si kecil yang mau sendirian saja.
Mengabadikan kenangan... 50th anniversary.

Kami berencana ke lantai empat. Di lantai empat ini, selain restaurant, terdapat My Melody Shop. Petugas yang ada menginfokan kepada kami bahwa semua bagian sudah mulai ditutup, kecuali shop yang ada di lantai tiga. Kami batal ke atas. Kami pun bergantian ke toilet sementara papa menjemput oma dan opa. Oma dan opa memang memutuskan untuk duduk manis di foodcourt karena padatnya pengunjung di Sanrio ini.

Jam lima sore tetapi sudah gelap gulita.

Karena dalam perjalanan menuju Sanrio ini kami melewati Daiso, maka kami pun berminat mampir. Daiso di New Tama Town ini cukup besar dan lengkap. Dari stationary, mainan, alat makan, Sanrio, semua ada. sepertinya berbelanja di sini lebih ok.

Petualangan kami hari ini diakhiri dengan makan di Saizeriya (kisahnya terpisah ya). Di tengah dinginnya udara sore menjelang malam, nampaknya ini adalah pilihan yang baik, sebelum kami melanjutkan perjalanan ke Hotel Monday Asakusabashi.

Tangga yang mulai sepi, jadi bisa difoto.
It's Mimi

Memasuki stasiun, berarti saatnya berpisah dengan Sanrio (lebay.com)
Kawaiii

Sekilas Info

Sanrio Puroland

Website: https://en.puroland.jp/language/

Alamat: 1-31 Ochiai, Tama City, Tokyo

Sanrio Puroland Guest Center

TEL 042-339-1111

Jam operasional:  09:30-17:00, kecuali hari tutup.