Tuesday, September 12, 2017

3 Jam di Sentosa Island


Sentosa Island merupakan salah satu tempat tujuan terfavorit turis-turis yang datang ke Singapore. Pulau yang dulunya disebut Pulau Blakang Mati (namanya cukup menyeramkan bukan) ini awalnya tidak seramai sekarang. Sejak Resort World Sentosa dan Universal Studio ada di pulau ini, pulau ini menjadi ramai. Namun karena harga hotel di pulau ini cukup lumayan, maka banyak turis yang memilih tinggal di tempat lain dan day trip menuju pulau ini. 

Bagaimana caranya menuju pulau ini? Penghubung terdekat menuju pulau ini adalah melalui stasiun MRT Harbourfront yang berada di North East Line. Dari sini, ada beberapa alternatif untuk menuju Sentosa Island.
1. Dengan melalui Sentosa Broadwalk
Bagi yang senang olahraga dan merasakan menyeberang menuju suatu pulau, cara ini adalah cara yang paling menyenangkan. Dimulai dari Lobby F Vivo City, kita tinggal mengikuti lintasan yang ada. Ditambah dengan travelator, tentunya menyeberang ke pulau akan terasa tidak begitu lelah. Berapa sih biayanya? Tertulisnya sih 1 SGD. Tetapi setiap kali saya membuka website resmi mereka, selalu ada promo free entry alias gratis loh :)

2. Dengan menggunakan bus umum
Menyeberang ke pulau ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan bis. Dimana tempat naiknya? Bagi yang mau naik bis dapat menaiki bis RWS8 dari pemberhentian bis 14141 di VivoCity atau dari pemberhentian bis 14121 di stasiun MRT Harbourfront exit B. Tarif untuk bis adalah 1 SGD.

3. Dengan menggunakan Sentosa Express. 
Sentosa Express berada di stasiun Sentosa, di lantai 3 Vivo City Mall. Untuk menuju tempat pembelian tiket dari stasiun MRT Harbourfront, kita mengambil exit E lalu naik ke lantai 3. Harga Sentosa Pass, tiket untuk naik Sentosa Express, adalah 4 SGD. Tiket ini hanya untuk masuk ke dalam Sentosa Island. Sedang untuk keluarnya gratis. Dengan menaiki Sentosa Express, kita dapat memilih tempat pemberhentian kita sesuai dengan tujuan kita. Ada tiga tempat pemberhentian di dalam Sentosa Island, yaitu stasiun Waterfront, stasiun Imbiah, dan stasiun Beach. Jam operasional dari Sentosa Express dimulai dari jam 07.00 sampai dengan 24.00.

4. Dengan menggunakan Cable Car
Jika ingin menikmati pemandangan Sentosa Island dari atas, maka cara ini boleh dipilih. Untuk dapat menggunakannya, ambillah exit B dari stasiun MRT Harbourfront dan berjalanlah menuju Harbourfront Centre. Dengan mengikuti petunjuk yang ada, maka kita akan tiba di stasiun Singapore Cable Car di Harbourfront Tower II. Dari sini, kita dapat menaiki Cable Car menuju stasiun Imbiah. Untuk pemandangan yang indah ini, pastinya ada harganya juga. Tiket untuk menaiki Cable Car untuk dewasa 29 SGD dan 18 SGD untuk anak-anak. Jam operasional Cable Car dimulai dari jam 08.45 sampai jam 22.00.

Bagaimana dengan jalan-jalan kami di pulau ini? Kami mengunjungi pulau ini setelah kami menghabiskan liburan kami di Legoland, Johor Bahru. Maksud hati, mumpung naik mobil rental yang tarifnya flat, kami sekalian saja minta diantarkan ke Sentosa Island. Hanya saja karena kami membawa barang, kami minta diantar ke Vivo City Mall. Dari sana kami akan menitipkan barang-barang kami di Harbourfront Center dan berjalan masuk ke Sentosa melalui Sentosa Broadwalk. Kan seru juga berjalan menuju suatu pulau, apalagi ada travelatornya. Sayangnya itu semua tinggal rencana karena cuaca yang sangat mendung.

Setibanya di Vivo City, saya dan si papa berjalan menuju Harbourfront Centre. Anak-anak dan oma opa duduk manis di Vivo City sambil menunggu kami. Saat masuk ke Harbourfront Centre, kami seakan terbayang akan pelabuhan ferry menuju Macau di Shun Tak Centre. Selain pelabuhan ferry, ada yang menuju Batam juga loh, di sini juga ada orang-orang yang berjualan dan juga restoran dan food court. Tempat pentitipan barang berada di lantai 2. Dibanding menitipkan barang di dalam Sentosa Island, penitipan barang di sini lebih murah. Biaya pentitipan barang disini dihitung berdasarkan berat barang dan dihitung per 3 jam. Untuk detil harganya, dapat dilihat di link ini.
Atas: lobby antara Harbourfront Centre dan Vivo City yang gelap.
Bawah kiri: lautan yang sudah gelap. Bawah kanan: Left Baggage Service di Harbourfront Centre.
Setelah menitipkan barang, kami segera kembali ke Vivo City Mall. Yang tadinya hanya mendung, sekarang tiba-tiba hujan turun sangat deras. Akhirnya kami memutuskan menunggu sebentar di Food Republic sambil makan dan minum sekalian menyantap bekal onigiri yang kami beli di Aeon Bukit Indah. Food Republic berada di lantai yang sama dengan tempat pembelian Sentosa Pass di lantai 3. Saat hujan sudah berhenti, kami segera masuk ke stasiun Sentosa dan menaiki Sentosa Express menuju stasiun Waterfront.
Tiket kami dan ticketing kiosk.
Apa saja yang dapat dilakukan di Sentosa Island dalam waktu 3 jam? Tentu saja banyak dan kami memilih yang gratisan, antara lain:
1. Keliling pulau secara gratis.
Jika ingin mengelilingi pulau tanpa banyak berjalan, solusi ini dapat dipilih. Di dalam pulau ini ada tiga cara untuk berkeliling. Yang pertama dengan Sentosa Express. Kita dapat berpindah dari stasiun satu ke stasiun lainnya di dalam pulau secara gratis. Cara kedua adalah dengan menggunakan Sentosa Bus. Cukup duduk manis dan melihat pemandangan di sekeliling. Jika kita memang ingin berhenti di suatu atraksi, tinggal cari pemberhentian terdekat saja. Saat kami datang ada tiga rute yang dapat dipilih. Pilihan ketiga adalah dengan menggunakan tram. Kalau ingin menikmati udara sepoi-sepoi, maka tram dapat menjadi pilihan. 
Atas: Sentosa bus. Tengah: beach tram. Bawah: Sentosa Express
2. Melihat salah satu pantai.
Di Sentosa Island ini ada banyak pilihan pantai buatan yang dapat dikunjungi. Ada pantai Palawan, Siloso, dan Tanjong. Kalau ingin menikmati pasir dan melihat olahraga di pantai, pantai Siloso adalah tempatnya. Pantai ini memang lebih bergaya anak muda. 
Kiri atas: Siloso beach. Kiri bawah: Tanjong beach.
Kanan: Palawan beach. Sumber foto: wikipedia.
Pantai Palawan lebih bertema family-friendly beach atau taman yang ramah keluarga. Bahkan kami sempat bertemu burung merak di sini. Dari pantai ini kita dapat menyeberangi jembatan gantung menuju the southernmost point of Continental Asia. Kalau ingin mencari pantai yang agak sepi, maka bermainlah ke Pantai Tanjong. Disini pengunjung dapat berleha-leha, duduk manis sambil membaca buku dan menikmati pemandangan. 
Burung merak yang tidak mau ketinggalan untuk eksis.
3. Resort World Sentosa.
Mengunjungi Sentosa Island tidak akan lengkap tanpa mengunjungi RWS. Banyak hal yang dapat dilakukan disini, dari main, foto, makan, dan berbelanja. Saat kami kesini, karena waktunya terbatas, yang kami lakukan adalah berfoto =D
Spot wajib untuk berfoto :)
Dimana saja berfotonya? Di depan Universal Studio (numpang foto aja dulu, masuknya kapan-kapan), pohon permen Candylicious, dan disekitar Casino. Enaknya jalan sama anak, foto saja sudah bahagia loh :) 
Resort World Sentosa
4. Sentosa Merlion
Merlion raksasa ini menjadi salah satu tujuan turis saat datang ke Sentosa Island. Ada yang datang untuk berfoto, ada juga yang naik sampai ke atas. Dimana spot yang bagus? Menurut kami, dari dekat tempat pemberhentian Sentosa Bus akan lebih bagus untuk memfoto patung ini secara utuh.
Merlion raksasa
Apakah puas? Ya kalau memang tidak berniat main terlalu lama, tiga jam cukup menyenangkan juga. Apalagi jalan dengan senior, kami lebih sering berhenti untuk menyesuaikan dengan mereka agar mereka tidak terlalu lelah. Intinya hanya berkeliling di dalam pulau tersebut sambil melihat tempat-tempat yang iconic dan memanfaatkan shuttle bus yang ada di dalam sana. Untungnya oma opa juga senang diajak melihat-lihat.
Tempat lain yang menjadi spot foto.
Saat kami pulang, adik melihat tulisan Kidzania. Memang di dekat pantai Palawan ada Kidzania yang kalau menurut teman saya yang tinggal di sana jauh lebih seru (dan lebih mahal) daripada Kidzania Jakarta. Kata adik jika dia sudah besar, nanti dia mau main di situ. Saya menambahkan jika sudah besar dan membacanya sudah lancar supaya tidak rugi  =P
Spot lain untuk berfoto
Bagaimana untuk keluar dari pulau? Untuk keluar dari pulau, kami memanfaatkan Sentosa Express menuju stasiun Sentosa. Dan petualangan kami di Sentosa Island pun berakhir. Kami segera lari menuju Harbourfront Centre untuk mengambil barang-barang kami
Habis gelap terbitlah terang. Kami dapat melihat bunga ini dengan jelas. 

Sentosa Island
http://www.sentosa.com.sg
http://www.rwsentosa.com

Note: untuk mengetahui cerita perjalanan kami saat liburan di Singapore, silakan klik link berikut ini.

No comments:

Post a Comment