Saturday, September 2, 2017

Kulineran di Singapore


Jalan-jalan tidak dapat dipisahkan dengan kulineran. Apalagi bagi kami yang tidak doyan belanja, menyicipi makanan yang terkadang tidak ada di Indonesia atau ada tetapi rasanya tidak seenak di luar merupakan suatu keseruan tersendiri. Berikut beberapa hasil kulineran kami. Ada yang di dalam mall, ada yang di luar mall. Ada yang halal dan ada yang non halal. 
Bak kut teh
Bak kut teh 
Chinese soup yang satu ini biasanya banyak ditemukan di Malaysia dan Singapore ini banyak digemari. Bak kut teh berarti teh daging iga. Tetapi bukan berarti daging iga ini dimasak dengan teh. Bak kut teh merupakan sejenis soup daging iga (biasanya iga babi) yang dimasak dengan rempah-rempah. Jadi teh di situ bukan berarti masaknya pakai teh. Ada dua jenis bak kut teh, yaitu bak kut teh dengan kuah bening ala Teochew, dan bak kut teh dengan kuah gelap ala Klang. Makanan ini dapat ditemukan hampir disetiap food court dan di setiap jalan. 

Setiap kami ke Singapore, kami selalu diajak makan di Lau Hock Guan Kee Bak Kut Teh di daerah Joo Chiat. Selain bak kut teh ala Teochew, tempat ini terkenal dengan tim ikan dan makanan lainnya. Tidak heran tempat ini selalu ramai dan pernah masuk surat kabar lokal. Sayangnya kedatangan kami di liburan kami kemarin adalah kunjungan kami yang terakhir ke tempat ini. Pemilik Lau Hock Guan Kee akan menutup restoran ini karena salah satu dari pendirinya sudah meninggal Maret kemarin dan mereka sudah kekurangan orang untuk bekerja di sini. Banyak penggemar tempat ini, termasuk kami, yang tidak rela tempat ini tutup. Nampaknya kami harus hunting lagi tempat Bak Kut Teh yang enak.
Uncle yang sedang menyiapkan dagangannya
Es Krim Orchard
Yang satu ini pasti sudah dikenal oleh semua orang. Es krim yang satu ini memang enak. Bahkan di mall-mall Jakarta pun sudah bermunculan es krim potong ala Singapore ini. Jika di Jakarta satu potongnya dijual dengan harga lima belas ribu, di tempat asalnya satu potong dijual seharga 1.2 SGD. Hanya beda dikit sih, tetapi rasanya beda jauh. Kalau kami sih lebih suka yang di Orchard.
Pilihan menu yang ada
Biasanya si penjual akan keluar mendekati jam makan siang. Nah, setelah kepanasan karena berjalan-jalan di Orchard, rasa es krim potong pun terasa lebih nikmat. Es krim ini biasanya dimakan dengan menggunakan cup, wafer, ataupun roti. Kalau kami lebih suka menggunakan wafer. Untuk pilihan rasa, ada bermacam-macam.

Ice Cream Orchard
Lokasi: sepanjang jalan Orchard Road
Jam operasional: Jam makan siang sampai malam.
Samsim Vietnam Cafe
Samsim Vietnam Cafe 
Berlokasi di daerah Joo Chiat, yang terkenal dengan suasana peranakannya, tempat kuliner Vietnamese ini menjadi pilihan kami saat sudah kelaparan. Terbayang dengan pho yang hangat, kami pun mampir  ke tempat ini. Seperti restoran makanan Vietnam lainnya, tempat ini juga menyajikan Pho. Pho adalah mie kuah Vietnam yang terdiri dari kaldu, mie beras yang disebut banh pho, rempah-rempah khas Vietnam, dan daging, biasanya sih daging sapi atau ayam. Apa sih yang menjadi keistimewaan makanan masakan Vietnam di tempat ini? Masakan Vietnam di tempat ini sangat otentik karena yang masak masih asli dari Vietnam, rempah-rempahnya pun terasa sekali dan bahkan ada pelayannya yang hanya bisa berbicara bahasa Vietnam dan sedikit (banget) Inggris. Tempat ini penuh dengan warga setempat. Selain pho, mereka juga menjual khai vi atau cemilan, hai san atau seafood, dan banh mi atau sandwich

Kami memesan pho dan juga goi cuon atau summer spring roll. Goi cuon adalah lumpia basah dari kulit tepung beras, yang berisi bihun, udang rebus dan sayur.  Makanan ini ternyata dingin, makanya namanya summer spring roll, dan disajikan dengan saos spesial. Kalau menurut saya, yang membuat summer spring roll ini enak ya saosnya ini :)

Samsim Vietnamese Food
Alamat: 235 Joo Chiat Rd.
Jam buka: 11.30 - 00.30
Hawker Center Old Airport dan Maxwell Road. Sumber foto: thebestsingapore.com
Hawker Centre 
Hawker centre atau food court terbuka di Singapore ini dapat ditemukan di setiap beberapa blok di Singapore. Di tempat ini, kita dapat menemukan segala macam masakan khas masyarakat setempat, dari halal sampai non halal, dari vegetarian sampai untuk non-vegetarian. Konsep yang ditawarkan adalah makanan lokal dengan harga yang bersahabat. Hawker centre pun selalu ramai bukan hanya oleh wisatawan, tetapi juga oleh masyarakat setempat.
Food Republic. Sumber foto: foodrepublic.com
Food Republic 
Food Republic menjadi salah satu pilihan kami saat kami di dalam mall dan kami sudah kelaparan. Food court di dalam mall ini juga menyajikan berbagai macam makanan dan minuman. Porsi makanannya cukup besar dan mengenyangkan. Bagaimana dengan harganya? Jika dibandingkan dengan hawker centre, harga makanan di sini lebih mahal. Namanya juga masuk mall dan ber-AC. Tetapi masih bersahabat dibanding restoran di mall lainnya. Yang uniknya, saat kita sedang makan akan ada oma atau opa yang bekerja di sana. Hampir semua restoran dan tempat makan mempekerjakan oma dan opa, mungkin supaya oma dan opa ini ada aktivitas. Oma atau opa di sana juga menawarkan minuman untuk dibeli. Mungkin supaya mempermudah orang-orang yang belum beli minum. 

Food Republic
www.foodrepublic.com.sg
Jam operasional: mengikuti jam buka 
So Pho So Good
So Pho
Masih seputar masakan Vietnam, So Pho menjadi salah satu tempat yang kami kunjungi setelah mengunjungi Gardens by the Bay. Berlokasi di Parkway Parade, mall di daerah East Coast, restoran yang terletak di lantai 3 ini juga banyak penggemarnya. Cafe yang didekorasi secara natural ini bernuansa hitam dan putih . Interior yang unik dengan lampion putih membuat pengunjung merasa sedang makan di pinggir jalan di Vietnam. Yang dijual pun tidak jauh berbeda dengan restoran masakan Vietnam lainnya. Walau tidak seotentik Samsim, rasa makanan di sini lebih asin, menyesuaikan dengan selera masyarakat. Goi cuon di sini pun lebih mungil. Untuk rasa, rasa makanan di sini nikmat bagi kami. So Pho mempunyai cabang di beberapa mall lainnya.

So Pho
Www.sopho.com.sg
Parkway Parade
80 Marine Parade #03-30D Singapore
Jam operasional: 10.00 - 22.00
Yoogane
Yoogane Singapore 
Rasanya semua orang tahu yang namanya Yoogane. Sejak drakor menjamur di mana-mana, Yoogane menjadi salah satu restoran Korsel yang banyak penggemarnya. Kami sendiri salah satu penggemar Yoogane sampai rela berburu Yoogane di Myeongdong. Di Singapore sendiri Yoogane mempunyai beberapa cabang, salah satunya di 313 @Somerset di jalan Orchard. Menu yang menjadi favorit banyak orang adalah bokkeumbap atau nasi goreng. Biasanya kami memesan dua macam, yaitu yang pedas dan yang tidak pedas. Oya, topping di sini hampir mirip seperti yang di Korea. Ada tteokpokki keju dan sweet potato. Banchan atau side dishnya boleh di-refill ya ;) 

Yoogane 313@Somerset 
www.yoogane.com.sg
313 Orchard road #B3 - 27/38
Jam operasional: 11.30 - 22.00
Sakae Sushi
Sakae Sushi
Pertama kali saya mencoba sakae sushi adalah saat saya dan papanya anak-anak baru menikah (nostalgia sedikit boleh dong). Kami dengan tante Duo Lynns menyicipi sakae sushi di Changi. Dan setelah itu saat kami sedang jalan-jalan di Orchard, terkadang kami mampir ke Sakae Sushi di Wheelock Place bersama dengan Duo Lynns. Apa sih yang menjadi daya tarik Sakae Sushi ini? Makanan di sini tidak mengandung MSG. Sehat bukan? Bagi yang tidak begitu suka sushi, di sini juga ada makanan-makanan khas restoran Jepang lainnya. Seperti restoran sushi lainnya, mereka menyajikan beberapa sushi di-conveyor belt. Namun di meja sekeliling conveyor belt, ada keran air panas yang disediakan. Jadi jika kita memesan ocha panas, kita bisa refill sendiri. Untuk outlet Sakae Sushi lainnya, bisa dilihat di website mereka.

Sakae Sushi
www.sakaesushi.com.sg
Wheelock Place
501 Orchard Road #02-13 Singapore
Jam operasional: 11.30 - 22.00


The Soup Spoon. Sumber foto: thesoupspoon.com.sg
The Soup Spoon
Kami sekeluarga penggemar soup. Oleh sebab itu, saat The Soup Spoon buka di Grand Indonesia, kami salah satu pelanggan setia mereka. Karyawan yang kerja di sana pun melihat kakak dari bayi sampai besar. Sayang sekali tidak lama kemudian restoran ini tutup. Karena kami tahu di Singapore juga ada, sesekali kami menyempatkan makan di sini saat kami berkunjung ke Singapore.

Ada delapan macam soup yang selalu ada setiap saat. Bagi vegetarian, mereka menyediakan tomato soup with basil, meatless minestrone, pumpkin roast soup, dan mushroom soup. Bagi yang menginginkan sup bening, ada Tokyo stew. Sedangkan yang menginginkan ada daging dapat memesan chicken and mushroom ragout, beef goulash dan Boston clam chowder. Terkadang juga ada soup istimewa sesuai dengan tema mereka.Walau namanya The Soup Spoon, restoran satu ini juga menyediakan menu selain soup seperti wrap, sandwich, dan salad. Setiap menu soup akan mendapatkan satu roti. Untuk menikmati soup ini, ada juga paket-paket yang menarik.

The Soup Spoon
www.thesoupspoon.com
I12 Katong Mall
112 East Coast Road, Basement 1 unit 12/28
Jam operasional: 11.00 - 21.00

Demikianlah segelintir jajanan dan makanan yang dapat dinikmati saat berkunjung ke negara tetangga kita. Ada yang mau menambahkan, mungkin? ;)

Note: untuk mengetahui cerita perjalanan kami saat liburan di Singapore, silakan klik link berikut ini.

No comments:

Post a Comment