Wednesday, September 27, 2017

10 Tempat Wisata Bersama Anak di Singapore

Banyak yang bertanya kepada kami, kalau ke negara Singa bersama anak, paling enak jalan-jalan kemana ya. Pertanyaan ini wajar, karena memang jalan-jalan membawa anak pasti berbeda jika dibandingkan jalan-jalan tanpa anak. Selain persiapan pribadi, pilihan tempat menjadi salah satu faktor yang penting saat membawa anak-anak. Berikut 10 tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak. Beberapa diantaranya gratis dan beberapa diantaranya memerlukan tiket. 
Orchard Road
1. Orchard Road 
Tempat ini pasti sudah menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Singapore. Ada apa saja sih di sini? Sepanjang saya melihat, Orchard Road terdiri dari pusat-pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran. Bagi yang doyan belanja, pasti agak susah untuk menahan godaan dunia ini (lebay sedikit). Kalau bawa anak-anak, apa serunya jalan-jalan di sini? Bagi kami yang gak begitu suka belanja, kami senang jalan-jalan di area ini, foto-foto dengan icon yang ada, makan es krim potong sambil melihat burung yang hinggap sana sini, dan hunting makanan enak lainnya. Bagi yang senang berbelanja, banyak keluarga dengan anak kecil membawa tentengan Smiggle. Katanya sih lebih murah daripada di Indonesia. 
Flower Dome Gardens by The Bay
2. Gardens by The Bay
Tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata turis lokal dan internasional. Taman buatan ini terbuka untuk umum dan untuk masuk ke dalam taman ini pun tidak dikenakan biaya. Apa yang menarik di tempat ini? Setiap bagian di GBTB dirancang sealami mungkin berdasarkan jenis tanaman yang ada disana. Selain itu, dibanding tempat wisata lainnya di Singapore, cara untuk menuju ke tempat ini pun sangat mudah. 

Bagi yang membawa anak kecil, GBTB memiliki wet playground dan playground yang menarik dan gratis. Dimalam hari pengunjung dapat menikmati Garden Rhapsody. Garden Rhapsody merupakan pertunjukan lampu dan musik yang ada di Supertree. Pertunjukan di sini ada tema-temanya, jadi tidak akan pernah bosan untuk melihatnya. Intinya sih memang tempat yang satu ini top banget, terutama bagi penggemar tanaman. 
Cloud Forest
Walaupun masuknya gratis, ada beberapa tempat di sini yang tidak gratis. Tempat itu antara lain Flower Dome yang berisi pameran bunga sesuai tema musim, Cloud Forest yang terkenal dengan air terjun indoor tertinggi di dunia dan OCBC Skyway yang membuat pengunjung seakan berjalan diatas pohon. Oya, satu lagi tempat yang tidak gratis adalah tempat makan yang ada disana ya =P


Gardens by The Bay
Alamat: 18 Marina Gardens Drive, Singapore
Jam operasional:
Bay south outdoor gardens
Setiap hari: 05.00 - 02.00

Flower Dome, Cloud Forest, OCBC Skyway 
Setiap Hari: 09.00 - 21.00 (penjualan tiket terakhir pada 20.00)

Far East Organization Children's Garden 
Selasa - Jumat: 10.00 - 19.00 (masuk terakhir 18.30)*
Akhir Pekan dan Hari libur: 09.00 - 21.00 (masuk terakhir pukul 20.30)
*Akan tutup di hari Selasa jika hari Senin sebelumnya merupakan hari libur nasional
Resort World Sentosa
3. Sentosa Island 
Sebelum ada Resort World Sentosa, pulau ini tidak tidak seramai sekarang. Konon dulunya tempat ini termasuk tempat pembuangan. Namun sejak pulau ini terbuka untuk umum, dan dilanjutkan dengan dibukanya Universal Studio, pulau ini mulai ramai. Dan karena biaya penginapan yang mahal di sana, biasanya orang-orang akan day trip menuju pulau ini. Cara menuju pulau ini, dapat dilihat di link berikut. Enaknya sih mengunjungi tempat ini seharian, tetapi jika memang waktunya hanya sebentar, 3 jam di Sentosa Island saja cukup kok :)

Sentosa Island
http://www.sentosa.com.sg
http://www.rwsentosa.com
Singapore Zoo. Sumber foto: klook.com
4. Singapore zoo 
Singapore zoo merupakan salah satu kebun binatang bertema rainforest yang menarik untuk dikunjungi. Walau banyak yang bilang kan kebun binatang isinya sama saja, tetapi bagi anak-anak kebun binatang tetap menjadi tempat favorit. Kebun binatang yang selalu dibandingkan dengan Batu Secret Zoo ini sudah ada sejak tahun 1973 ini dirancang sealami mungkin sehingga kita tidak hanya melihat hewan tetapi juga habitat dari hewan tersebut. Di sini juga ada Rainforest Kidsworld, playground dan wet playground yang dapat dikunjungi setelah kepanasan berkeliling. 

Uniknya di sini, mereka bukan hanya menawarkan melihat hewan-hewan seperti biasa, tetapi juga ada River Safari, Night Safari, dan juga ada Jungle Breakfast. Bagi para pencinta kebun binatang dan hewan-hewan, saat mengunjungi Singapore Zoo dapat juga membeli tiket parkhopper, paket dua atau lebih kegiatan yang juga termasuk mengunjungi Jurong Bird Park dengan harga yang lebih murah. 

Singapore Zoo
80 Mandai Lake Road, Singapore 729826
Jam operasional: 08.30 - 18.00
Jurong Bird Park. Sumber foto: wikipedia
5. Jurong Bird Park
Jurong Bird Park juga merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga. Koleksi burung di sini sangat lengkap dan terawat. Bukan hanya melihat burung-burung, di tempat ini juga ada pertunjukan dan memberi makan burung. Selain itu ada tempat pembiakan yang menarik bagi anak-anak. Karena banyaknya pertunjukan dan acara, sering kali kita yang mengunjungi jadi binging mau ngapain. Pihak pengelola pun memberikan dua itinerary yang dapat dipilih, kunjungan pagi atau kunjungan siang. 

Sama seperti Singapore Zoo, selain melihat-lihat hewan, kita juga dapat bermain di playground mereka. Jadi disarankan untuk membawa pakaian ganti, biar puas mainnya. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa dibuka langsung di website mereka.

Jurong Bird Park
www.birpark.com.sg
2 Jurong Hill, Singapore 628925
Jam operasional: 08.30 - 18.00
Katong Wet Playground
6. Playground dan wet playground 
Playground dan wet playground merupakan kesenangan anak-anak. Kesenangan kami saat ke Singapore adalah bermain dari satu playground ke playground lainnya. Dan memang sepertinya wet playground menjadi salah satu kesukaan masyarakat Singapore, karena hampir disetiap tempat wisata terkenal pasti ada wet playground. Demikian juga wet playround, kan lumayan bisa main di wet playground yang gratis pula. Dari semua wet playground yang pernah kami kunjungi, kami paling suka wet playground yang ada di I12 Katong Mall. Mengapa? Setelah lelah bermain air, kami bisa makan di food court mereka dan jika cuacanya adem, kami juga bisa menikmati suasana peranakan di sana. 
Pemandangan dari Marina Bay Sands
7. Marina Bay Sands 
Marina Bay Sands merupakan kompleks resort dengan luas sekitar 580 meter persegi yang terdiri dari mall dan hotel mewah, casino, pusat hiburan, pertunjukan, convention and exhibition hall.  Dari jauh, kompleks ini seperti 3 gedung yang menyokong satu kapal diatasnya. Di dekat sini juga ada Art Science Museum yang bentuknya seperti bunga teratai. 
Art Science Museum
Selain mengunjungi kompleks ini di siang hari, tempat wisata yang satu ini terkenal dengan suasana malamnya. Hampir semua pengunjung datang di malam hari untuk melihat Spectra. Spectra merupakan pertunjukan yang menggabungkan efek cahaya, air, laser, dan musik. Temanya pun mengenai kemajemukan dan perkembangan Singapore. Banyak yang bilang laser show di sini mengalahkan laser show di Hong Kong. Menurut saya sih tidak dapat dibandingkan, karena perbedaan tempat dan waktu pembuatan. Laser show diadakan pukul 20.00 dan 21.00. Untuk akhir pekan, ada tambahan pertunjukan pada pukul 22.00. Saya sih menyarankan untuk cek ke website mereka, jaga-jaga kalau ada perubahan jam. 

Marina Bay Sands
Alamat: 10 Bayfront Avenue Singapore 
Jam operasional: 10.30 - 23.00
Cara menuju ke sini: MRT Bayfront exit C atau D
Merlion Park. Sumber foto: Visit Singapore
8. Merlion Park
Taman ini menjadi salah satu taman yang sering dikunjungi turis-turis dan menjadi ikon dari Singapore. Taman yang berlokasi di One Fullerton ini berisi patung Merlion raksasa yang tingginya 8,6 meter dan berat 70 ton dan patung Merlion kecil yang disebut anak Merlion dengan tinggi 2 meter dan berat 3 ton. Merlion sendiri merupakan ikon Singapore. Tubuhnya yang seperti ikan melambangkan awal Singapore yang sederhana sebagai sebuah desa nelayan yang disebut Temasek atau kota laut (bahasa Jawa Kuno). Sedangkan kepalanya yang berbentuk singa melambangkan nama dari Singapore yaitu kota Singa (bahasa Melayu). Dari mulut Merlion ini akan keluar air mancur. Bagi yang kreatif, dapat memanfaatkan tempat ini untuk foto-foto unik. Bagi yang tidak kreatif banget, seperti saya, dapat memanfaatkan tempat ini sebagai tempat foto bersama anak-anak

Kapankah waktu yang tepat mengunjungi Merlion? Jika ingin melihat patung secara jelas, tentu lebih enak siang hari. Tetapi jika ingin melihat Spectra show, maka disarankan malam hari. Lokasinya yang berada di seberang Marina Bay Sands memungkinkan kita untuk menonton Spectra Show. Oya, saat berada di sini, dapat juga sekalian mengunjungi St. Andrew's Cathedral.

Merlion Park
One Fullerton Singapore 049213
Jam operasional: 24 jam
Turtle Museum
9. Turtle and Turtoise Museum.
Kalau jalan-jalan ke negara orang, saya paling senang mengunjungi museum. Mengapa? Karena banyak museum unik dan terawat di sana. Bahkan ada beberapa museum yang gratis dan bagus. Anak-anak happy lihat museum, orangtuanya pun happy lihat museum. Dulu kami sempat mengunjungi museum kura-kura. Tempat yang satu ini berisi bermacam-macam kura-kura dan penyu. Selama ini mungkin anak-anak hanya tahu kura-kura saja. Nah di tempat ini anak-anak bisa melihat secara langsung bermacam-macam kura-kura dan penyu dan juga perbedaan antara kura-kura dan penyu. Ada yang mukanya seperti buaya, ada yang lehernya seperti ular, dan sebagainya. Sebagian dari jenis kura-kura ini juga pernah kami lihat di Batu Secret Zoo. Tetapi kalau menurut kami, koleksi di museum ini lebih lengkap.

Museum ini berada di dalam Chinese Garden. Jadi bisa sekalian menikmati tanaman dan suasana yang ada Chinese and Japanese Garden ini. Untuk masuk ke taman ini gratis. Tetapi untuk masuk ke museumnya dikenakan biaya 5 SGD bagi dewasa dan 3 SGD bagi anak-anak.

Turtle and Turtoise Museum
www.turtle-turtoise.com
Alamat: 1 Chinese Garden Singapore 619795
Jam operasional: 09.00 - 19.00
Perpustakaan Nasional. Sumber foto: www.nib.gov.sg
10. Perpustakaan
Nggak salah jalan-jalan ke negara orang terus main ke perpustakannya? Gak salah kok. Apalagi bagi  anak kecil, kapan lagi bisa membaca buku sepuasnya dan bukunya terawat. Dan bagian anak-anaknya dibuat semenarik mungkin. Untuk lokasinya, hampir di setiap distrik ada perpustakaan yang bagus dan nyaman. Lokasinya dapat dilihat di website resmi mereka.

Singapore National Library
www.nib.gov.sg
Jam operasional: 10.00 - 21.00

Demikianlah 10 tempat yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak. Masih banyak lagi tempat di Singapore yang menarik bagi anak-anak. Intinya sih, banyak hal yang menarik bagi anak-anak asalkan kita mau menyesuaikan dengan mereka.

Note: untuk mengetahui cerita perjalanan kami saat liburan di Singapore , silakan klik link berikut ini.

No comments:

Post a Comment