Monday, December 19, 2016

Marionette Suzy Snowflake di Mall Taman Anggrek



Suzy Snowflake
Memasuki bulan Desember, biasanya mall-mall berlomba-lomba untuk menampilkan dekorasi yang indah. Tentu saja ini menjadi hiburan bagi kami, yang biasanya tidak kemana-mana saat akhir tahun. Langganan kami dari tahun ke tahun adalah melihat dekorasi di Mall Taman Anggrek.
Big Christmas tree
Mall Taman Anggrek biasanya mempunyai dekorasi natal yang menarik. Dan memang di akhir November kemarin, saat kami datang di siang hari, dekorasinya keren sekali. Apalagi ditambah dengan adanya 8 window yang berisi marionnette. Marionnette adalah pertunjukkan boneka yang diikat dengan tali dan digerakkan dari atas dengan cara menggerakkan tali-talinya. Seperti wayang tetapi dengan tali, wayang Perancis kalau kata saya sih. Biasanya orang memainkannya dari atas, tetapi di sini marionette ini digerakkan dengan alat. Namun karena jalanan di sekitar marionnette padat merayap, seperti kondisi jalanan, maka kami tidak dapat memfotonya. Akhirnya kami memutuskan akan mencari hari libur untuk mengunjungi lebih awal. Setelah dilihat-lihat, tanggal 12 itu tanggal merah. Maka kami pun memutuskan untuk ke sana. Niat sekali kan, dari bulan November sudah memplot tanggalan untuk melihat dekorasi natal. 
Dekorasi stage
Senin lalu, kami sengaja datang pagi-pagi untuk melihat marionette dan dekorasi di center atrium. Kami sampai di sana sekitar jam 9.30. Mall belum officially buka, tetapi pengunjung sudah boleh masuk, karena sebagian restoran yang menjual menu sarapan sudah buka dari pagi. Dan ternyata bukan hanya kami yang datang sepagi itu, sebelum mall buka. Banyak sekali yang berpikiran seperti kami. Banyak orang berkumpul di center atrium. Rasanya banyak yang tertarik melihat marionnette ini. Dari segala jenis umur, dari oma-opa sampai anak bayi, segala macam agama, semuanya datang untuk melihat dekorasi mall ini. Memang, dekorasi natal lebih bersifat universal, karena dekorasi yang ada hanya lebih kepada tradisi kumpul keluarga, tutup tahun, dan kebersamaan. Selain itu, marionnette di TA merupakan satu-satunya marionette di dunia yang menggabungkan antara gerakan boneka, suara, serta lagu. Apalagi untuk memunculkan hiburan ini, mall TA sampai berkolaborasi dengan marrionettist (orang yang mengoperasikan boneka marrionette) Perancis.

Akhirnya lampu mall dinyalakan. Dan tepat jam 10 pagi, boneka-boneka di dalam delapan window ini mulai bergerak. Kalau tahun lalu temanya adalah Rudolph, tahun ini TA mengambil tema Suzy Snowflake. Suzy Snowflake seakan mengajak kita untuk melihat keceriaan natal di Tinsel Town. 

Di window pertama berkisah tentang suasana musim dingin. Salju dimana-mana dan ada snowman yang sudah mulai dibuat. Suzy Snowflake datang dan menyapa orang-orang di Tinsel Town. 
Window 1, suasana musim dingin di Tinsel Town
Mulai dari window kedua hingga ketujuh, setiap window memperlihatkan kesibukan orang di Tinsel Town mempersiapkan natal. 
Window 2, kesibukan di dalam kantor pos. Banyak surat yang harus dikirim.
window 3, anak-anak sedang bermain di depan kantor pos. 
Dari bermain di kolam yang membeku sampai dengan membuat snowman.
Window 4, kesibukan di dalam toko manisan. Ginger breadman pun sibuk =D
Window 5, beberapa orang sedang membetulkan mobil Sweet shop yang mogok.
Refleksi tulisan Starbuck pun ikut terfoto.
Window 6, prajuritnya bisa berayun loh.
Yang paling kami suka adalah saat melihat para pemain drum bergerak mengikuti irama lagu Little Drummer Boy. Lagu ini bercerita tentang anak kecil yang tidak mempunyai apapun tetapi ingin mempersembahkan hadiah bagi Sang Bayi dan dia hanya mempunyai drum. Anak lelaki ini akhirnya mempersembahkan permainan drumnya dan Sang Bayi pun menyukainya. Ini tentunya kisah fiktif. Saya katakan kepada Duo Lynns inti dari lagu ini, yaitu apapun yang kita miliki, jika kita persembahkan dengan segenap hati, Tuhan pasti suka. 
Window 7, para prajurit memainkan lagu Little Drummer Boy. 
Ketukannya pun bisa sama dengan lagunya
Di window terakhir, orang-orang di Tinsel Town mengucapkan selamat natal pada Suzy dan salam perpisahan. Hampir di setiap window dipenuhi orang-orang untuk berfoto. Ada yang sabar dan mau bergantian, ada yang semaunya membuka pembatas supaya dapat mendekat ke window dan ada juga yang tidak mau bergantian. Namanya juga banyak orang, banyak maunya :) Kami pun berpindah dan melihat-lihat air mancur di dekat center atrium
Air mancur
Duo Lynns berkata bahwa mereka ingin melihat lagi marionette ini, bersama teman-temannya juga. Pasti (mereka) suka tuh, kata Duo Lynns.Kami katakan kapan-kapan ya. Marionnette ini akan ada di atrium center Mall Taman Anggrek sampai dengan 8 January 2017. Jadi masih banyak kesempatan kami untuk melihatnya. Dan ternyata selain marionette ini, setiap jam-jam tertentu ada snowfall sensation. Kalau weekdays setiap pukul 16.00 dan 19.00. Kalau weekend setiap pukul 14.00, 16.00, dan 19.00. Hmmm.... Menarik juga nih untuk datang lagi ;) 

2 comments:

  1. Hi.
    Thank You for writing about Mal Taman Anggrek.
    Love your article!

    - PR MTA

    ReplyDelete