Tuesday, August 7, 2018

Suasana Peranakan di Kopitiam Oey


Masih di area yang sama dengan gedung bersejarah, Chandra Naya, di sekitar rumah cagar budaya tersebut terdapat banyak tempat makan dengan nuansa tempo doeloe. Salah satunya adalah Kopitiam Oey. Kopitiam ini didirikan oleh ahli kuliner yang terkenal dengan slogan maknyus, yaitu almarhum Bondan Winarno. Dalam dialek Hokkian, kedai kopi disebut ke fe tien, yang oleh orang Melayu disebut kopitiam.
Deretan tempat makan dengan nuansa jadoel.
Jendela bagian interior Kopitiam Oey
Saat kami mengunjungi kedai ini, kami sudah melewati jam makan siang. Yang berkesan bagi kami adalah suasana jadul yang ada di dalam dan di luar kopitiam ini. Dapur mereka persis seperti dapur rumah oma saya. Mangkok tua, gelas kecil warna merah, dan nuansa hitam-merah. Kata si papa, serasa masuk rumah tahun 60an.
Interior View, meja lawas dari marmer dan lampu di dalam sangkar burung.
Dapur dan selendang merah.  
Pelayan yang ada pun memberikan kami menu untuk memilih makanan.Seperti interior yang bertema peranakan dan rada jadul, menu makanannya pun masih ditulis dengan menggunakan ejaan yang lama. Menurut pelayan, menu yang cukup terkenal di Kopitiam Oey adalah laksa dan bakmi kepitingnya. Maka kami pun memesan kedua makanan tersebut dan menu lainnya.
Menoe gaya djadoel
Pilihan makanan yang bervariasi 
Sesaat setelah kami datang, mulailah datang tamu-tamu lain. Rupanya banyak juga yang menggemari kopitiam Oey ini. Kami tidak perlu menunggu lama untuk menikmati makanan kami. Cukup cepat juga pelayanannya. Dan makanan kami pun tiba.
Penampakan nasi capcay ala Kopitiam Oey.
Nasi goreng permintaan anak-anak 
Es Kidna. Segar dan enak
Bagaimana rasa makanannya? Buat kami, rasanya lumayan enak, kecuali rasa bakmi kepitingnya agak tawar. Tetapi dengan adanya sambal dan acar cabe, bakminya pun jadi lebih enak. Yang paling kami suka adalah es kidna. Rasanya mantab dan menyegarkan.
Laksa 
Bakmi Kepiting 
Untuk yang memang sedang berkunjung ke daerah Gajah Mada, bersantap di Kopitiam Oey dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain menikmati makanan dengan harga yang bersahabat, suasana jadul di situ memang ngangeni :)
Shanghai Noni :)
Sekilas Informasi
Kopitiam Oey
Website: www.kopioey.com
Alamat: Jl. Gadjah Mada no 188 Jakarta Barat
Telepon: 021-29379890
Jam operasional : 09.00 - 00.00

No comments:

Post a Comment