Sunday, May 15, 2016

Persiapan sebelum ke Hong Kong

Sebetulnya saya dan suami tidak ada rencana untuk liburan ke Hong Kong, walaupun kami sempat mewacanakan untuk pergi berjalan-jalan ke HK (maunya pas anniversary ke 10, jadi bisa nabung dulu). Namun karena anak-anak setiap hari (dari dua tahun yang lalu) diiming-imingi oma opa akan berjalan-jalan ke Disneyland HK, dan diucapkan minimal 3 kali sehari kayak minum obat, akhirnya sang cucu pun menagih janji untuk jalan-jalan ke Hong Kong (tapi nagih ke mama papanya). Akhirnya diputuskan tahun depan kita akan jalan-jalan ke Hong Kong. Karena tahun depan, maka kami pun mulai menyiapkan hal-hal yang diperlukan, karena ada tujuh peserta dalam perjalanan kali ini Apa sajakah itu?

1. Tiket Pesawat. 
Pasti dong kalau mau jalan-jalan harus punya tiket. Pertimbangannya mau naik budget airline atau tidak. Mungkin kalau hanya kami dengan anak-anak atau kami dengan orang tua, kami memilih naik budget airline, kayak waktu masih cuma berdua dulu. Tetapi kalau orang tua digabung sama anak-anak, pilihan jatuh kepada non budget airline. Apalagi 5 jam penerbangan. Bersyukurnya kami tiba-tiba Garuda mengadakan travel fair. Kami pun berburu tiket murah ke JCC. Akhirnya dapat tiket murah (yang kalau dibandingkan dengan budget airline bisa lebih murah) tetapi berangkat dini hari dan pulang pagi hari. Okelah, demi tiket murah. 

2. Tempat Tinggal 
Hotel ataupun guesthouse terkenal harganya selangit di Hong Kong. Maklum, tanah di sana mahal. Sempat iseng cari di Agoda, tapi karena kami ramai-ramai, jadinya mahal. Ada juga yang murmer, tetapi di Chungking Mansion. Chungking Mansion terkenal dengan low cost guesthouse tapi kenyamanannya tidak ada (you get what you paid). 
Maka kami memilih untuk sewa apartemen, karena itu yang paling visible bagi kami bertujuh. Carinya dimana? Lewat Airbnb. Di daerah mana? Mari kita belajar sedikit mengenai Hong Kong. 
HK tourism map
Hong Kong merupakan kawasan kepulauan di pesisir pantai Cina selatan, dan terdiri dari Hongkong island, Kowloon, New Territories, dan outlying island (pulau-pulau kecil di sekitarnya). Untuk urusan penginapan, biasanya orang akan memilih di antara Hong Kong island dan Kowloon. Pernah dengar Victoria Park di Causeway Bay? Itu terdapat di Hong Kong island. Kalau Avenue of the Stars, Mong Kok, itu berada di Kowloon. Hong Kong island penuh dengan gedung-gedung bertingkat dan lebih high class daripada Kowloon area. Sedangkan Kowloon area lebih terlihat tua dibanding Hong Kong island. Tapi bukan berarti gak keren loh. Tetap keren dan banyak tempat yang bisa dikunjungi. Kalau kami lebih suka memilih di Kowloon area, karena tempat yang akan dikunjungi lebih banyak di daerah Kowloon dan penginapan daerah Kowloon lebih murah daripada daerah Hong Kong island.
Kami mendapatkan tempat menginap di Mong Kok, di daerah Fa Yuen Market. Gedungnya sih sudah tua sekali, tetapi unitnya cukup modern. Harga sewanya pun terhitung tidak mahal. 

3. Membeli tiket masuk atraksi
Karena kami sudah memutuskan mau ke HK Disneyland, maka kami mencoba mencari tiket murah yang dapat dibeli secara online. Review terbagus jatuh pada klook.com. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding yang lain. Eh, pas buka klook iseng-iseng klik yang lain. Ternyata tiket airport express mereka jg lebih murah dari harga resmi dari MTR. Jadi beli dari situ lagi deh. 
Akhirnya kami bukan hanya membeli tiket Disneyland, tetapi juga tiket airport express dan tiket masuk trick eye museum. Saran untuk yang mau jalan-jalan, boleh bandingkan harga tiket resmi dan klook. Klook punya banyak penawaran yang menarik loh.  (bukan promosi loh). 

4. Pelajari sistem transportasi HK 
Kebahagiaan kami saat berjalan-jalan ke negara  lain adalah naik public transport mereka yang nyaman. Saya salut dengan sistem MTR di sana. Jelas dan mudah. Dengan adanya website MTR HK, kami dengan mudah mempelajari rute yang akan kami gunakan selama di sana.
MTR HK
Untuk mempermudah pembayaran alat transportasi di sana, usahakan menyewa Octopus Card (semacam EZ Link di Singapore). Dengan octopus card, kita tidak usah repot-repot mencari mesin tiket dan tidak perlu repot memegang banyak uang logam. Kelebihan lainnya, octopus card dapat digunakan sebagai alat pembayaran di berbagai tempat. 
Dimana cara mendapatkannya? Di airport HK juga ada kok. Cari saja transportation center dan bayarlah 150 HKD (50 HKD adalah deposit, 100 HKD nilai yang dapat digunakan) untuk kartu dewasa dan 70 HKD (50 HKD adalah deposit, 20 HKD nilai yang dapat digunakan) untuk kartu anak-anak dan senior. Harga tiket untuk senior adalah 2HKD jauh dekat dan berlaku juga untuk turis loh. Niat banget kan pemerintah sana memberi fasilitas untuk turis. Nanti kalau nilainya berkurang bisa di top up lagi. Dan kalau kita sudah mau balik Indo, bisa di-refund kok. Jumlah uang yang ada akan dipotong 9HKD untuk biaya administrasi. Untuk kenyamanan yang didapat dari menggunakan octopus card, percayalah bahwa 9 HKD itu murah kok :)

5. Periksalah suhu dan cuaca selama waktu kunjungan
Ini penting juga loh. Hong Kong termasuk negara 4 musim yang terkenal dengan anginnya dan taifun di bulan-bulan tertentu. Kalau kita tahu cuaca dan suhunya, kita bisa membawa pakaian dan perlengkapan lainnya yang sesuai. Jalan-jalan sama anak-anak memang harus ekstra persiapan. 

6. Buat itinerary plan. 
Kalau menurut saya, adanya itinerary plan membantu selama perjalanan. Andaikan ada yang meleset, setidaknya 80% dari rencana yang sudah dibuat terpenuhi (dengan catatan rencananya visible). Saya biasa mengecek di google map jarak tempuh dari tempat A ke tempat B. Sehingga dapat memperkirakan durasi di suatu tempat. Kemudian saya juga mengecek apakah ada makanan yang enak dan masuk budget di tempat yang akan didatangi. Maklum, kami doyan makan. Biasanya saya membuat dua atau tiga, lalu suami saya yang memilih. Oya, siapkan juga plan B atau bahkan plan C ya... 

Itulah persiapan kami sebelum kami pergi ke Hong Kong. Dan karena saat kami datang masih awal musim semi, maka kami menyiapkan kondisi tubuh yang prima. Tolak angin pun menjadi andalan kami. Hehehe



Note: Untuk cerita lebih lengkap mengenai liburan kami bersama anak-anak di Hong Kong dan Macau, silakan klik link ini

8 comments:

  1. Wah seru banget kaa, ka rekomendasi tempat yang menarik di hongkong apa aja ya ka?

    rental travel wifi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak, tergantung tujuan jalan2 dan siapa saja yang ikut. Tapi yang pasti Disneyland dan The Peak harus masuk ke dalam list kalau menurut saya.

      Delete
  2. Kak boleh tanya gk, untuk ke Hongkong pake Visa apa gk yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi... terima kasih sudah mampir ya :)
      Walaupun Hong Kong sudah masuk ke dalam pemerintahan China, tetapi Hong Kong merupakan SAR (Special Administrative Region) dari China. Sehingga untuk ke Hong Kong tidak perlu visa. Kecuali jika dari Hong Kong mau ke Shen Chen, baru pakai visa. Tapi bisa visa on arrival kok:)

      Kalau dari Hong Kong mau nyebrang ke Macau juga tidak perlu visa, karena Macau juga SAR dari China.

      Happy traveling :)

      Delete
    2. ohh gitu yah, jadi ke Macau jg gk pake visa yah kk.
      untuk rekomendasi nih, penginapan di daerah Kowloon bagus dmn ya kak?

      Delete
    3. Penginapan di daerah Kowloon ada banyak, dari yang budgeting sampai yang wah juga ada, jadi tergantung budget kita. Bisa dilihat di booking, agoda, atau Airbnb. Cuma banyak yang bilang kalau bisa jangan di Chungking Mansion, karena ramai yang tinggal dan lift sedikit dan isinya terbatas. Jadi dapat dibayangkan kalau mau keatas atau ke bawah akan memakan waktu lama. Sempat baca ada yang sampai 45 menit hanya untuk naik ke atas.

      Kalau kami, karena yang ikut banyak, jadi memilih menggunakan Airbnb.

      Semoga membantu ya:)

      Delete
    4. ohh gitu ya, rencana ini berdua mau honeymoon kak jadi cari-cari referensi utk plan disana nanti, thanks ya kak :)

      Delete
    5. Wah, itu lebih seru lagi. Selamat mencari penginapan yang baik dan sesuai budget ya... Oya, mengunjungi The Peak sky terrace saat malam hari sangat romantis loh :)

      Delete