Wednesday, July 25, 2018

7 Aktivitas Menarik di Myeongdong


Jika mendengar kata Myeongdong, pasti yang terbayang sudah di benak kita adalah tempat yang penuh dengan toko kosmetik. Tidak sepenuhnya salah sih. Memang di Myeongdong ini banyak toko kosmetik yang tersebar di sana-sini. Tetapi bukan hanya toko kosmetik yang tersebar di sini. Ada banyak tempat makan, tempat belanja, dan tempat aktivitas yang ada di tempat ini.

Myeongdong merupakan salah satu distrik yang berada di daerah Junggu. Dikenal sebagai distrik untuk shopping, Myeongdong diisi oleh toko-toko brand terkemuka, dari baju hingga kosmetik. Dan untuk mencapai Myeongdong, ada dua stasiun MRT yang dapat digunakan, yaitu stasiun MRT Myeongdong (line 4) di bagian selatan dan stasiun MRT Euljiro 1-ga (line 2) di bagian utara.
Peta Myeongdong.
Saat kami menjelajah Myeongdong, kami mengandalkan peta yang kami dapatkan, hasil dari nanya mbah google. Yang unik dari peta Myeongdong ini, hampir semua nama-nama toko dan tempat makanan ini tetap sama. Ini memudahkan kami saat berkeliling Myeongdong.

Apa saja sih yang dapat dilakukan di Myeongdong? Berikut 7 hal yang dapat dilakukan di Myeongdong, bersama anak-anak tentunya.
Street Food
1. Berburu street food
Di Myeongdong ini hampir setiap jalan besar, jalan kecil, dan gangnya dipenuhi makanan. Dari yang harganya mahal hingga yang harganya cukup bersahabat, makanan khas Korea hingga makanan internasional, semua ada di sini. Yang paling seru dan paling disukai di sini adalah street food alias jajanan khas Korea seperti eomuk atau fish cake soup, tteokpokki, hotteok, tornado potato, jeon, twigim, bungeo pang, jwipo, dan jajanan lainnya. Harganya pun bervariasi, dimulai dari 1,000 KRW.
Kalguksu Myeongdong Kyoja
2. Makan di resto atau bersantai di Kafe
Selain terkenal dengan street food yang dijual abang-abang oppa di pinggir jalan, Myeongdong juga terkenal dengan tempat makan atau cafe-cafe bertema. Bagi penggemar mie dan pangsit, bisa berkunjung ke Myeongdong Kyoja. Bagi penggemar dakgalbi, Yoogane masih tetap menjadi juara bagi kami. Atau kalau ingin memesan berbagai macam menu khas Korea, bisa juga mengunjungi Gimgane. Harganya pun cukup bersahabat.
Rose Gelato. SumberL burpple.com
Kalau suka main di café, di sini banyak café-café dengan tema yang menarik, seperti Cat Cafe, Hello Kitty Cafe, Osulloc Tea House, Innisfree Green Cafe, Nanda Hotel Cafe, dan cafe-cafe lainnya.
Chinatown map di Myeongdong. Sumber foto: visitseoul
3. Melihat Chinatown
Tidak banyak yang tahu bahwa Myeongdong merupakan Chinatown tertua di Seoul. Banyak pendatang dari China datang ke Seoul dan tinggal di daerah ini. Walaupun sekarang Myeongdong sudah terkenal menjadi salah satu distrik terkenal, namun kebudayaan China terasa di tempat ini. Bahkan bahasa kedua di tempat ini setelah bahasa Korea adalah bahasa Mandarin.
Jajangmyun
Jika kita keluar dari exit 5 stasiun Myeongdong, dalam waktu kurang dari lima menit kita akan mendapatkan daerah yang disebut Chinatown di Myeongdong. Di sini ada kedutaan China, sekolah dasar berbahasa China, tempat buku-buku Mandarin, dan restoran Chinese food yang otentik. Di daerah ini juga terdapat money changer dengan rate yang bagus.
Foto dengan hanbok di MDTIC
4. Foto menggunakan hanbok
Salah satu aktivitas yang kami sukai di sini adalah mencoba hanbok secara gratis dan berfoto. Ada dua tempat yang menyediakan fasilitas ini, yaitu SeoulGlobal Culture Center yang berlokasi di lantai 5 Seoul M Plaza dan Myeongdong Tourist Information Center (MDTIC) yang berlokasi di lantai pertama gedung KEB Hana Bank. Kami hanya pernah mencoba di MDTIC karena waktunya yang lebih fleksibel.
Salah satu daya tarik di Myeongdong: kaos kaki lucu-lucu.
5. Berbelanja 
Seperti yang saya sebutkan diatas, Myeongdong ini terkenal sebagai lokasi berbelanja yang paling nyaman. Dari Underground Shopping Center sampai mall besar seperti Shinsegae dan kompleks Lotte, dari toko biasa sampai flagship store, dari baju, kaos kaki yang unyu-unyu, kosmetik, oleh-oleh, hingga obat-obatan, semua ada di Myeongdong. Salah satu tempat yang membuat kami betah adalah Daiso. Pilihan barangnya berbeda jauh dengan yang ada di Indonesia dan negara-negara sekitarnya.

Dan enaknya di sini, jika pembelanjaan kita mencapai 50,000 KRW, maka kita langsung dapat mengklaim tax refund di toko tersebut. Dan andaikan tidak sampai, kita dapat mengurus tax refund di Myeongdong juga loh.
Myeongdong Cathedral. Sumber foto: visitkorea
6. Berfoto di tempat-tempat yang unik
Selain toko-toko, di Myeongdong juga ada banyak tempat-tempat menarik sehingga sayang jika tidak berfoto di depannya. Di sini ada Myeongdong Cathedral dan gedung Unesco yang megah. Jika malam hari, berfoto di depan kompleks Lotte pun terlihat begitu wah dengan lampu-lampu yang ada. Kalau membawa anak, jangan lewatkan untuk berfoto dengan karakter Line di Line Flagship Store.
Nanta Show. Sumber Foto: klook.com
7. Menonton pertunjukkan di theater
Salah satu aktivitas yang juga digemari orang-orang adalah menonton pertunjukkan di Myeongdong Theater. Pertunjukan live yang sangat digemari di sini adalah Nanta Cookin’ Show. Memang harga pertunjukannya tidak murah, namun menurut orang-orang yang menonton, pertunjukan ini sangat keren.

Salah satu nilai tambah jika berjalan-jalan di sini adalah kita tidak usah takut kesasar. Nampaknya orang Korea mengaplikasikan peribahasa malu bertanya sesat di jalan. Banyak petugas dengan jaket merah yang berlambang huruf i (alias information) yang dapat membantu mengarahkan jika kita tersesat.

Nah, akan lebih enak jika kita pun menginap di daerah Myeongdong. Jadinya bisa sepuasnya menikmati Myeongdong. Dari penginapan dengan budget terbatas hingga penginapan dengan budget berlebih ada di sini. 

Soohorang dan Bandabi juga main ke Myeongdong loh...
Demikian tujuh aktivitas yang dapat dilakukan saat kita berada di Myeongdong. Bagaimana dengan teman-teman? Apa ada aktivitas menarik lainnya selain ketujuh aktivitas di atas?

Before: Day 7: Lotte World
Next: Tempat Makan Murah Meriah di Seoul

Note: Untuk cerita lebih lengkap mengenai liburan kami di Seoul, silakan klik link berikut ini.

Sekilas Informasi
Myeongdong
Cara menuju ke sana: stasiun Myeongdong exit 5, 6, 7, 8 atau stasiun Euljiro 1-ga exit 5 dan 6

No comments:

Post a Comment